Advertisement

RPP Bahasa Arab Kelas 6 MI Kurikulum 2013 Revisi 2021

RPP Bahasa Arab Kelas 6  MI Kurikulum 2013 Revisi 2021

Sesuai KMA 183 Tahun 2019

RPP Bahasa Arab Kelas 6  MI Kurikulum 2013 Revisi 2021



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah/Madrasah   : MIS PANYOCOKAN II

Mata pelajaran          : Bahasa Arab

Kelas/ Semester        : VI / I

Tema                          : الساعة

Materi Pokok             : المفردات

Alokasi Waktu           : 2 X 35 Menit (1 Pertemuan)

 

A.      Kompetensi Inti

KI-1

:

Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya,

KI-2

:

Menunjukkan perilaku jujur disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.

KI-3

:

Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

KI-4

:

Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.      Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar

IPK

3.1. Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sederhana terkait tema:

الساعة

Yang melibatkan tindak tutur memberi dan meminta informasi tentang waktu.

Melafalkan/melafadzkan kosakata terkait tema:

الساعة

yang melibatkan tindak tutur memberi dan meminta informasi tentang waktu.

 

Menghafal kosakata terkait tema:

الساعة

yang melibatkan tindak tutur memberi dan meminta informasi tentang waktu.

 

Menjelaskan makna kata teks sederhana terkait tema:

الساعة

Mendemonstrasikan tindak tutur memberi dan meminta informasi terkait tema waktu secara lisan.

Mendemonstrasikan informasi tentang waktu

 

C.      Tujuan Pembelajaran

1.  Dengan metode as-sam’iyah as-syafawiyah (C), peserta didik  (A) dapat melafalkan, menghafal kosakata, serta menjelaskan informasi tentang waktu kepada teman-temannya (B) dengan tepat (D).

2.     Setelah berlatih, peserta didik akan dapat mendemonstrasikan informasi tentang waktu dengan bahasa Arab

 

D.     Materi Pembelajaran

1

السّاعة الواحدة

Pukul 1.00

2

السّاعة الثّانية

Pukul 2.00

3

السّاعة الثّالثة

Pukul 3.00

4

السّاعة الرّابعة

Pukul 4.00

5

السّاعة الخامسة

Pukul 5.00

6

السّاعة السّادسة

Pukul 6.00

7

السّاعة السّابعة

Pukul 7.00

8

السّاعة الثّامنة

Pukul 8.00

9

السّاعة التّاسعة

Pukul 9.00

10

السّاعة العاشرة

Pukul 10.00

11

السّاعة الحاديةَ عشْرةَ

Pukul 11.00

12

السّاعة الثّانيةَ عشْرةَ

Pukul 12.00

 

Untuk menegaskan waktu pada angka yang tepat, digunakan kata تَمَامًا
Contohnya adalah:اَلسَّاعَةُ اْلعَاشِرَةِ تَمَامًا  (pukul 10.00 tepat).
Untuk menyatakan lebih, menggunakan wa (وَ), sedangkan untuk menyatakan kurang menggunakan illa (اِلاَّ). 

 

Contohnya adalah sebagai berikut:

1

Pukul 1.15

السّاعة الواحدة  و  الرّبعُ

2

Pukul 1.20

السّاعة الواحدة  و  عشرونَ دقيقة

3

Pukul 1.30

السّاعة الواحدة  و  النّصفُ

4

Pukul 12.45 (jam 1 kurang seperempat)

السّاعة الواحدة  الاّ  الرّبعَ

5

Pukul 12.50 (jam 1 kurang 10 menit)

السّاعة الواحدة  الاّ  عشرَ دقائق

6

Pukul 12.40 (jam 1 kurang 20 menit)

السّاعة الواحدة  الاّ  عِشرينَ دقيقة

 

Keterangan waktu seperti صَبَاحًا (pagi hari), نَهَارًا (siang hari),  مَسَاءً(sore hari), danلَيْلاً  (malam hari) biasanya menegaskan waktu yang dimaksud. Contohnya adalah sebagai berikut:

1

Pukul tujuh pagi

السّاعة السّابعة صباحا

2

Pukul satu siang

السّاعة الواحدة نهارا

3

Pukul tiga sore

السّاعة الثالثة مساء

4

Pukul sembilan malam

السّاعة التّاسعة ليلا

 

E.      Metode pembelajaran

1.      Metode Pembelajaran          : الطريقة السمعية الشفوية

 

F.      Media/alat dan bahan pembelajaran

1.      Media                                      : Gambar dan Slide Powerpoint

2.      Alat dan bahan                      : Gadget, Laptop, koneksi internet

 

G.      Sumber belajar

1.      Buku Bahasa Arab MI Kelas V (Kementerian Agama RI  sesuai KMA 183 Tahun 2019)

2.      Kamus Arab - Indonesia

 

H.     Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran

 

Tahapan

Pembelajaran

Deskripsi Kegiatan Guru dan Siswa

Alokasi

Waktu

Pendahuluan 

1.       Guru memberi salam, mengajak siswa berdo’a dan memulai pelajaran dengan basmalah.

2.       Guru menanyakan kabar dan kehadiran siswa.

3.       Guru melakukan apersepsi/ menghubungkan materi yang akan dipelajari dengan materi sebelumnya. 

4.       Guru menjelaskan tujuan belajar dan hasil belajar yang akan dicapai siswa.

5.       Guru menginformasikan cara belajar yang akan dilakukan, peran siswa baik secara individu maupun kelompok. 

10 menit

Kegiatan Inti

1.       Mengamati :

a.       Guru menyampaikan materi pembelajaran sebagai stimulasi untuk diamati.

b.       Siswa mengamati dengan mendengarkan pelafalan kosa kata (almufrodat) tentang waktu.

c.       Siswa menirukan pelafalan kosakata tentang waktu yang dilafalkan guru (creative thinking).

 

2.       Menanya:

Siswa diberikan waktu untuk menanyakan makna kosakata yang sulit.

 

3.       Mengumpulkan Informasi:

Siswa secara berkelompok diberi kesempatan untuk mencari makna kata dari sebuah teks narasi.

 

 

40 menit

 

4.      Menalar

Peserta didik mengganti nama-nama kosakata waktu yang terdapat dalam teks dengan menunjuk pada waktu .

 

5.       Mengomunikasikan:

Peserta didik menyampaikan informasi waktu dengan kata tanya

 كم الساعة الآن ....؟

   الساعة الآن.....؟

 

Penutup 

1.    Guru menyimpulkan hasil pembelajaran

2.    Melaksanakan penilaian/refleksi dengan mengajukan pertanyaan/tanggapan dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan/perbaikan selanjutnya.

3.    Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik individu maupun kelompok.

4.    Menyampaikan rencana pembelajaran pertemuan berikutnya.

20 menit

 

I.        Penilaian Hasil Pembelajaran

1.      Teknik Penilaian

a.   Sikap                       : Observasi dan Penilaian diri

b.  Pengetahuan          : Tes Tulis 

c.   Keterampilan         : Unjuk Kerja

 

2.      Bentuk penilaian

a.                   Sikap                           : Lembar Penilaian diri dan Pengamatan sikap

b.                   Pengetahuan              : Soal (pilihan ganda)

c.                   Keterampilan             : Tes lisan

 

3.      Instrumen penilaian (terlampir)

 

Mengetahui

Kepala Madrasah

 

 

 

Elis Rohmawati, S.Ag

NIP. -

Ciwidey,  Juli 2021

Guru Bidang Studi

 

 

 

Luqman Alhakim S., S.Pd

NIP.-

 

1.      PENILAIAN SIKAP SOSIAL (PENILAIAN DIRI)

 

Nama Satuan Pendidikan         : MIS PANYOCOKAN II

Kelas/Semester                                    : VI (enam) / Ganjil

Tahun pelajaran                                   : 2021-2022

 

1.      Penilaian Sikap sosial : Penilaian Diri

No.

Kriteria

Ya

Tidak

1

Mengikuti pembelajaran dengan tertib

 

2

Aktif dalam kerja kelompok dan bekerja sama

 

3

Menghormati guru dan menghargai teman saat berbicara

 

4

Berusaha belajar dengan sungguh-sungguh

 

 

5

Mengumpulkan tugas tepat waktu

 

 

 

Keterangan      Ya        = 1

Tidak   = 0

 

 

 

 

 


 

2.      PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL (OBSERVASI)

 

Nama Satuan Pendidikan         : MIS PANYOCOKAN II

Kelas/Semester                                    : VI (enam) / Ganjil

Tahun pelajaran                                   : 2021-2022

 

NO

NAMA SISWA

Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan

Memberi salam pada saat awal dan akhir kegiatan

Bersyukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu

Keterangan

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

7

 

 

 

 

 

8

 

 

 

 

 

9

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

=

selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan

3

=

sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan

2

=

kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan

1

=

tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

 

 

 

 

 

 


 

3.      PENILAIAN PENGETAHUAN (TES TULIS)

Nama Satuan Pendidikan         : MIS PANYOCOKAN II

Kelas/Semester                                    : VI (enam) / Ganjil

Tahun pelajaran                                   : 2021-2022

Mata Pelajaran                         : BAHASA ARAB

 

 

 

 

 


 

 

4.      PENILAIAN KETERAMPILAN (UNJUK KERJA) HIWAR BAHASA ARAB

-          Demonstrasikan hiwar bersama teman kalian!

 

 


 

 

N o

Kriteria

Rubrik Kriteria

 

Sangat Baik

A

 

Baik

B

 

Cukup

C

Perlu

Pendampingan

D

1

Fasih dalam pengucapan

Sangat Mampu melafalkan kata sesuai makharijul huruf

Mampu melafalkan kata sesuai makharijul huruf

Cukup mampu melafalkan kata sesuai makharijul huruf

Kurang mampu melafalkan kata sesuai makharijul huruf

2.

Intonasi

Sangat sesuai dengan kalimat yang diucapkan

Sesuai dengan kalimat yang diucapkan

Cukup sesuai dengan kalimat yang diucapkan

Kurang sesuai dengan kalimat yang diucapkan

3.

kelancaran

Sangat lancar dalam mengungkapkan kalimat

Lancar dalam mengungkapkan kalimat

Cukup lancar dalam mengungkapkan kalimat

Kurang lancar dalam mengungkapkan kalimat

 

Keterangan:

Kriteria penilaian dapat dilakukan sebagai berikut:

A = sangat baik

B = baik

C = kurang

D = sangat kurang

 

Post a Comment

0 Comments