Advertisement

Hijrah Rasulullah SAW


1. TAHUN PERTAMA HIJRAH

MENDIRIKAN MASJID, PERMULAAN AZAN, AZAN  FAJAR
(PAGI) RAMADHAN & AZAN JUM’AT


1.    Dalam tahun pertama hijriah rsulullah mendirikan Masjid nya yang mulia. dalam mendirikan mesjid itu beliau ikut bekerja, untuk memberi contoh kepada umatnya agar gemar bekerja
2.    Dalam thun itu pula diadakanlah peraturan azan untukmengingatkan orang-orang yg lupa atau lalai, lagi pula agar berkumpulnya lebih merata.
3.    Dalam azan subuh oleh Bilal di tambah dengan

“asshala tukhairum minannaum

A r t i n y a :” shlat itu lebih baik dari pada tidur”

Pendapat ini di setujui pula oleh Rasulullah.
4.    Dalam fajar pagi bulan Ramadhan, oleh beliau di perintahkan azan duakali. Yang pertama untuk untuk mengingatkan orang-orang yg lupa, sehingga bangun untuk shalat dan azan yg  kedua untuk sembahyang Subuh.
5.    Sejak jaman Rasulullah sampai khalifah Abu Bakar &Umar adzan, jum’at itu hanya sekali, yaitu ketika imam sudah duduk diatas mimbar dan azan tadi dilakukan di pintu masjid.
6.    Maka ketika khalifah Usman r.a adzan jum’at itu ditambah satu menjadi dua  kali, karena orang-orang bertambah banyak


1)       Suatu ketika bermusyawaratlah Rasulullah tentang tanda apa yang harus di pakai, ketika telah tiba waktu sembahyang. Diantara sahabat sahabat nya itu adayang berkata : “jika telah tiba waktu sembah yang kita naikan bendera saja sebagai tanda. Antara lain ada yg mengusulkan pula, dengan menyalakan api diatas tinggi. Adalagi yg berpendapat dengan membunyikan terompet, sebagai mana yg di kerjakan orang-orang Yahudi. Diantaranya lagi member petunjuk dengan bel, sebagai mana yg telah dikerjakan oleh orang-orang Nasrani. Dan ada juga yg memberi petunjuk dgn panggilan bahwa shalat telah tiba waktunya. Rasulullah tiada menyetujui pendapat pendapat itu semuanya, kecuali pada pendapat yg akhir ialah dgn panggilan. Abdullah bin Zaiz a/ salah satu golongan orang yang memanggil itu maka ketika ia di antara tidur dan bangun, datanglah seorang kepadanya kemudian mengajarkan adzan. Setelah ia bangun, segeralah memberi tahu kpd Rasulullah tentang impianya itu. Beliau lalu ersabda : “sesungguhnya impian itu a/ impian yang benar”. Kemudian beliau memerintahkannya agar mengajarkan adzan itu kpd Bilal. ‘Umar bin khathtbah mendengar berita itu, lalu ia berkata kpd Rasulullah S.A.W katanya :”demi Allah sayapun pernah bermimpi seerti itu juga”.
2)        Ketika hisyam bin Abdul malik menjabat pemerintahan, adzan jum’at itu dilakukan ketika   khatib diatas mimbar. Demikian itu bid’ah yang tidak ada artinya samasekali. Sebab maksud itu, mengundang kpd shalat & orang-orang yg berada diluar Masjid tentu tdk mendengarnya.




TAHUN KEDUA HIJRAH

BEBRAPA PEPERANGAN TAHUN INI DAN PERANG QAINAQA’


Ø  Dalam tahun kedua Hijrah, terjadi perang Waddan ‘Buwath, ’Usyariah, ‘Badar pertama, dan Qarqaratul-kada. Tetapi semua itu tiada sampai terjadi pertempuran. Dalam tahun itu pula terjadilah perang Badar besar, Qainuqa dan Sawiq.

Ø  Qainuqa’ ialah kabilah kaum Yahudi Madinah yang menampakan permusuhan kepada orang-orang Islam dan mengkhianati perjanjian telah dibuat bersama-sama Rasulullah.




Post a Comment

0 Comments