RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah/Madrasah : MI
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : V /Ganjil
Alokasi
Waktu : 8 x 35
menit (4 TM)
Pertemuan
ke : 1 dan 4
A.
KOMPETENSI INTI
KI-1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 : Menunjukkan perilaku jujur disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan
tetangganya serta cinta tanah air.
KI-3 : Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati
dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan
tempat bermain.
KI-4 : Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang
jelas, sistematis, logis dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia
B.
Kompetensi Dasar
1.1 Meresapi
makna anugerah Allah SWT berupa bahasa Arab
1.2 Meresapi anugerah Allah SWT atas terciptanya
bahasa yang beragam
2.1 Memiliki kepedulian, rasa ingin tahu dan percaya
diri dalam berkomunikasi dengan menggunakan media bahasa Arab yang dimiliki
2.1 Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga dan guru
dengan menggunakan media bahasa Arab
yang dikuasai
|
3.1 Mengidentifikasi bunyi huruf, kata, frasa, dan kalimat sederhanaterkait
topik: غرفة الجلوس والمذاكرة؛ في الحديقة؛
الألوان baik secara lisan maupun tertulis |
|
|
|
3.2 Menemukan makna dari ujaran
kata, frasa, dan kalimat sederhana terkait topik : غرفة الجلوس والمذاكرة؛ في الحديقة؛
الألوان |
|
|
|
3.3 Memahami bentuk kata,
frasa, dan kalimat sederhana terkait topik : غرفة الجلوس والمذاكرة؛ في الحديقة؛
الألوان |
|
|
|
3.4 Memahami kata, frase dan kalimat sederhana secara lisan dan tertulis terkait topik : غرفة الجلوس والمذاكرة؛ في الحديقة؛
الألوان |
|
|
|
4.1 Melafalkan bunyi huruf, kata, frasa, dan kalimat Bahasa Arab
terkait topik: غرفة الجلوس
والمذاكرة؛ في الحديقة؛ الألوان |
|
|
|
4.2 Menyampaikan makna dari ujaran kata, frasa, dan kalimat kalimat
sederhana terkait topik: غرفة الجلوس
والمذاكرة؛ في الحديقة؛ الألوان |
|
|
|
4.3 Menggunakan kata, frasa, dan kalimat sederhana terkait topik : غرفة الجلوس
والمذاكرة؛ في الحديقة؛ الألوان |
|
|
|
4.4 Mengungkapkan kata, frase dan kalimat sederhana secara lisan dan
tertulis terkait topik : غرفة الجلوس
والمذاكرة؛ في الحديقة؛ الألوان dalam berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat |
|
|
Tarkib: |
(الإشارة للمفرد + الاسم) + الصفات |
||
C.
Indikator
a.
melafalkan mufrodat tentang في
غرفة الجلوس
b.
melafalkan teks qira’ah tema في غرفة الجلوس
c.
menterjemahkan teks في غرفة الجلوس
d.
Menyebutkan perabot dalam ruang duduk (في غرفة الجلوس
) dalam bahasa Arab
D.
Alokasi Waktu
2X35
menit
E.
Materi Pokok
أ. القِرَاءة
اِسْمِي
مُصْطَفَي لِيْ صَدِيْق اِسْمُهُ إِدْرِيْس اسْمُ أَبِيه السَّيِّد خَلِيْل
المُدَرِّس فِي الْمَدْرَسَة الاِبْتِدَائِيَّة واسْمُ أُمه السَّيِّدة فاطمة هي
خَيَّاطَة مَاهِرَة فِي هذِهِ الْقَرْيَة, أُنْظُر هذِهِ الصورة!
هذا بَيْت
إِدْرِيْس هذا البَيْت جَدِيْد إنه بَيْتٌ كَبِيْرٌ نَظِيْفٌ فِيْه
غُرْفَة الْجُلُوس وغُرْفَة النَّوْم وَغُرْفَة الْاَكْل وَغُرْفَة
الْمُذَاكَرَة وَغَيْرِهَا. هَذِهِ
غُرْفَة الْجُلُوْس النَظِيْفَة الْمُرَتِّبّة فيها أَرِيْكَة وَخزَانَة وَتِلْفُون وَتِلِفاز
ومَكْتَب جَمِيْل وكُرْسِي. عَلَى هذا الْمَكْتَب مَجَلَّة
وَجَرِيْدَة جَدِيْدَة, هَذِهِ الْمَجَلَّة لِلأطفال. أُنْظُر! مَا أَجْمَلَ اِنَاء هذِهِ الزَّهْرَة هِي
زَهْرَة الدَّهْلِيا الجَمِيْلَة بِجَانِبِ
هذا الإِنَاء مِصْبَاح جَمِيْل
F.
Proses
Pembelajaran
a.
Pendahuluan/appersepsi
1)
Guru mengucapkan
salam dan berdoa bersama.
2)
Guru mengajak
peserta didik memulai pelajaran dengan membaca basmalah seperti;
هَيًّابِنَا نَبْتَدِئ دَرْسَنَا
بِالْبَسْمَلَة
3)
Gurumemeriksakehadiran,kerapianberpakaian,posisitempatdudukdisesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran.
4)
Guru menyapa
peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik.
5)
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
6)
Guru mengajukan pertanyaan secara
komunikatif pengalaman peserta didik dan dikaitkan dengan tema في
غرفة الجلوس
7)
Media/alatperaga/alat bantu bias berupa ulisan manual di papan tulis, kertas
karton (tulisan yang besar dan mudah dilihat/dibaca), atau dapat juga menggunakan multimedia berbasis ICT atau media lainnya.
8) Untuk menguasai kompetens ini salah satu model pembelajaran yang dapat dipakai antara lain model role
playing (model pembelajaran
bermain peran). Model ini bisa dipadukan dengan model artikulasi (membuat/mencari
pasangan yang bertujuan untuk mengetahui daya serap peserta didik).
9) Pembelajaran tema dapat dilaksanakan di luar kelas, antara lain mushalla,masjid, atau
tempat lain yang memungkinkan disekitar madrasah.
b.
Kegiatan Inti
1)
Guru meminta peserta didik mengamati gambar anak sedang
duduk di ruang tengah
2)
Peserta didik
mengemukakan isi gambar tersebut
3)
Guru memberikan
penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan oleh peserta didik tentang
isi gambar tersebut
4)
Peserta didik
diberi kesempatan untuk membaca qiraah pada buku siswa.
5)
Guru
mengembangkan pembelajaran dengan Strategi (Index Card Match) Strategi ini biasanya digunakan untuk
mengajarkan kata-kata atau kalimat dengan pasangannya. Misalnya kata dengan
artinya, atau soal dengan jawabannya, dan sebagainya. Dalam pembelajaran
qira’ah dapat juga diterapkan untuk melakukan evaluasi terhadap pemahaman siswa
pada isi bacaan dengan membuat kartu-kartu soal dan jawabannya.
Langkah-langkah pembelajaran:
1)
Siapkan kartu secara
berpasangan (soal dan jawabnya) lalu diacak.
2)
Bagikan kartu
secara berpasangan tersebut kepada semua siswa dan mintalah mereka memahami
artinya.
3)
Mintalah semua
siswa untuk mencari pasangannya masing-masing dengan tanpa bersuara.
4)
Setelah
menemukan pasangannya, mintalah siswa berkelompok dengan pasangannya
masing-masing.
5)
Mintalah
masing-masing kelompok untuk menyampaikan (mempresentasikan) hasilnya di depan
kelas.
6)
Berikan
kesempatan kepada kelompok lain untuk memberikan komentar atau pertanyaan.
7)
Berikan
klarifikasi terhadap hasil kerja kelompok tersebut.
c.
Penutup
1.
Peserta didik meyimpulkan isi bacaan
2.
Guru memberikan penguatan melalui pemberian tugas menulis kosa kata baru pada
kartu untuk dihafal.
3.
Guru memberikan kesempatan kepada peserta untuk mengakhiri pelajaran dengan hamdalah,
dengan ungkapan:
هَيَّا بِنَا
نَخْتَتِم دَرْسَنَا بِالْحَمْدَلَة
A.
Hiwar
(الحوار)
1.
Indikator
Melafalkan
teks hiwar tema في
غرفة الجلوس
Mendemonstrasikan
teks hiwar tema في
غرفة الجلوس
2.
Tujuan Pembelajaran
Peserta
didik mampu :
a.
Melafalkan teks hiwar
dengan baik
b.
Mendemonstrasikan
hiwar dengan baik dan benar
3.
Materi Pokok
حكيم :
السَّلاَم عَلَيْكُم
رحمن :
وَعَلَيْكُم السَّلاَم وَرَحْمَة الله
حكيم :
يَا رَحْمن اُنْظُر هنَاك! ذَالِكَ بَيْتِي
رحمن :
مَا أَجْمَلَ بَيْتَكَ يَا حَكِيْم
حكيم :
اَلْحَمْدُ لله
رحمن :
هَلْ فِيْهِ غُرْفَة الْجُلُوْس؟
حكيم :
نَعَمْ, فِيْهِ غُرْفَةُ الْجُلُوْس وغُرْفَة النَّوْم وَ غُرْفَة الْمُذَاكَرَة
وَغَيْرُهَا
رحمن :
مَاذَا فِي غُرْفَةِ الْجُلُوْس؟
حكيم :
فِيْهِا مَكْتَب وَكُرْسِيّ وَتِلْفَاز وَغَيْرُها
رحمن :
شُكْرًا ! اِلَي اللِّقَاء
حكيم :
عَفْوًا, مَعَ السَّلَامَة
4.
Proses
Pembelajaran
a.
Pendahuluan/appersepsi
1)
Guru mengucapkan
salam dan berdoa bersama.
2)
Guru mengajak
peserta didik memulai pelajaran dengan membaca basmalah seperti;
هَيًّابِنَا نَبْتَدِئ دَرْسَنَا
بِالْبَسْمَلَة
3)
Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran.
4)
Guru menyapa
peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik.
5)
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran.
6)
Guru mengajukan pertanyaan secara
komunikatif pengalaman peserta didik dan dikaitkan dengan tema في
غرفة الجلوس
7)
Media/alatperaga/alat bantu bias berupa tulisan manual di papan tulis, kertas karton (tulisan yang besar dan mudah dilihat/dibaca), atau dapat juga menggunakan
multimedia berbasis ICT atau media lainnya.
8) Untuk menguasai kompetens ini salah satu model pembelajaran yang dapat dipakai antara lain model role
playing (model pembelajaran
bermain peran). Model ini bisa dipadukan dengan model artikulasi (membuat/mencari
pasangan yang bertujuan untuk mengetahui daya serap peserta didik).
9) Pembelajaran tema dapat dilaksanakan di luar kelas, antara lain mushalla,masjid, atau
tempat lain yang memungkinkan yang ada di lingkungan madrasah.
b.
Kegiatan Inti
1.
Guru
menyampaikan pengantar atau ilustrasi singkat tentang في غرفة
الجلوس dengan mengajukan beberapa pertanyaan relevan dengan topik.
Pengantar ini diikuti dengan langkah-langkah berikut.
2. Peserta
didik mengamati materi hiwar melalui tape recorder atau LCD. Berikanlah
motivasi agar peserta didik memiliki perhatian penuh dalam mengamati materi.
3. Bila
diperlukan guru memberikan pengulangan istima’ (mendengarkan) sambil
memahami isi hiwar dengan melihat gambar yang tertera dalam buku.
4. Pengulangan
istima’dengan dibarengi peniruan secara kolektif (bersama-sama).
5. Pengulangan
istima’ sekali lagi dengan diikuti peniruan secara berkelompok tertentu
lalu secara individual.
6. Pembacan
teks hiwar (buku dibuka) oleh semua peserta didik, kelompok atau oleh
individu-individu.
7. Setelah
isi hiwar dipahami, barulah ditindaklanjuti dengan bahasan berikutnya; tadribat,
dengan cara memberikan peserta didik kesempatan untuk mencari pasangan.
8.
Peserta didik
mendemonstrasikan hiwar secara berpasangan
c. Penutup
1.
Peserta didik mengekspresikan pembelajaran yang telah berlangsung.
2.
Guru memberikan penguatan melalui pemberian tugas.
3.
Guru mengajak peserta didik untuk mengakhiri pelajaran dengan membaca hamdalahdalam
ungkapan Arab seperti;
هَيَّا
بِنَا نَخْتَتِم دَرْسَنَا بِالْحَمْدَلة
B.
Istima’ ( الإستماع
)
1.
Indikator
a.
melakukan aktivitas sesuai kalimat yang didengar
b.
menunjukkan kalimatsesuai dengan pernyataan yang didengar
c.
mengulang kembali kalimat yang didengarkannya
2.
Tujuan Pembelajaran
Peserta
didik mampu :
a.
melakukan
kegiatan sesuai dengan kalimat yang didengarnya dengan baik
b.
menjawab
pertanyaan yang didengarkannya dengan benar
c.
mempraktekkan
pernyataan yang didengarnya dengan baik
d.
menyampaikan
kembali pesan yang didengarkannya dengan benar
3.
Alokasi Waktu
2X35
menit
4.
Materi Pokok
مَاذَا فِي غُرْفَةِ الْجُلُوْس؟
فِيْهَا:
صُوْرَة |
أَرِيْكَة جَدِيْدَة |
تِلْفَاز |
الْجَرِيْدَة |
تِلِيْفُوْن |
مِصْبَاح |
ماذا عَلَى الْمَكْتَب؟
عَلَى الْمَكْتَب ...
تِلْفَاز |
كُتُب |
مَجَلَّات |
صُنْدُوْق |
جَرِيْدَة |
كِتَاب |
5.
Proses
Pembelajaran
a.
Pendahuluan/appersepsi
1)
Guru mengajak
peserta didik memulai pelajaran dengan membaca basmalah bersama-sama
dengan ungkapan bahasa Arab seperti;
أَيُّهَا التَّلاَمِيْذ، هَيّا بِنَا
نَبْتَدِئ دَرْسَنَا بِالْبَسْمَلَة مَعًا
2)
Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran.
3)
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
4)
Guru mengajukan pertanyaan secara
komunikatif pengalaman peserta didik dan dikaitkan dengan tema غرفة
الجلوس
5)
Media/alatperaga/alat bantu bisa berupa tulisan manual di papan tulis, kertas karton (tulisan yang besar dan mudah dilihat/dibaca), atau dapat juga menggunakan
multimedia berbasis ICT atau media lainnya.
6)
Untuk menguasai kompetensi ini salah satu model pembelajaran yang cocok di
antaranya model pesan
berantai.
7)
Pembelajaran tema dapat dilaksanakan di luar kelas, antara lain mushalla,masjid, atau tempat lain yang
memungkinkan di lingkungan madrasah.
b.
Kegiatan Inti
1)
Guru meminta peserta didik mengamati gambar anak
sedang sedang duduk di ruang tengah
2)
Peserta didik
mengemukakan isi gambar tersebut
3)
Guru memberikan
penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang isi
gambar tersebut
4)
Peserta didik
diberi kesempatan untuk membaca qiraah pada buku siswa.
5)
Guru
mengembangkan pembelajaran dengan metodepesan berantai, yaitu peserta didik
menyampaikan pesan secara estafet.
Langkah-langkah pembelajaran:
a.
Siapkan beberapa
kartu berisi kalimat (jumlah) sesuai dengan tema
b.
Mintalah
beberapa peserta didik untuk maju ke depan kelas
c.
Guru membagi
siswa menjadi satu baris atau dua baris, kemudian siswa yang berada di baris
yang paling depan diminta maju menghadap guru.
d.
Mintalah salah
satu peserta didik untuk mengambil salah satu kartu dan membacanya dalam hati
secara seksama
e.
Guru
memperlihatkan kalimat pendek, berupa pesan singkat atau perintah kepada siswa.
f.
Siswa yang
mendapatkan perintah atau pesan dari guru menyampaikannya kepada siswa berikutnya
dengan suara berbisik,
begitu seterusnya.
g.
Siswa yang
berada di baris terakhir menyebutkan pesan atau perintah dengan suara yang
keras
h.
Guru mencocokkan
dengan kartu yang diberikan peserta didik pertama.
i.
Guru memberikan
apresiasi kepada kelompok peserta didik yang benar melaksanakan pesan atau
menirukan kalimat dari bisikan temannya secara sempurna.
c.
Penutup
1. Peserta
didik mengekspresikan pembelajaran yang telah berlangsung.
2.
Guru memberikan penguatan melalui pemberian tugas.
3.
Guru mengajak peserta didik untuk mengakhiri pelajaran dengan membaca hamdalah dalam ungkapan arab seperti;
هَيَّا بِنَا نَخْتَتِم دَرْسَنَا
بِالْحَمْدَلَه
C.
Kitabah( الكتابة
)
1.
Indikator
a.
menulis mufradat tentang في غرفة الجلوس
b.
melanjutkan kalimat sesuai dengan tema في
غرفة الجلوس
c.
menyusun kalimat sederhana
2.
TujuanPembelajaran
Pesertadidik
mampu :
a.
Menulis kalimat
dengan mufradat yang telah ditentukan tentang في غرفة الجلوس melalui imla’manqul/ ta’biru shurah.
b.
Menyempurnakan
kalimat tentang في غرفة
الجلوس dengan mufradat yang telah disediakan .
c.
Menyusun kata
acak sehingga menjadi kalimat sempurna.
3. Alokasi Waktu
2X35 menit
4. Materi Pokok
غُرْفَة الجْلُوْس جَمِيْلَة
تِلْكَ مَدْرَسَةٌ, اَلْمَدْرَسَةُ كَبِيْرَةٌ
عَلَى الرَّفّ كُوْب
5.
Proses
Pembelajaran
a.
Pendahuluan/appersepsi
· Guru membuka pelajaran dengan mengajak peseta
didik membaca basmalah bersama-sama
أَيُّهَا
التَّلاَمِيْذ، هَيَّا بِنَا نَبْتَدِئ دَرْسَنَا بِالْبَسْمَلَه مَعًا
· Guru bertanya jawab tentang kosa kata yang telah
dipelajari pada pertemuan sebelumnya
· Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran yang harus dicapai saat ini
b. Kegiatan Inti
a.
Guru membagi
peserta didik dalam beberapa kelompok
b.
Guru menyiapkan
lembaran kertas/ kartu mufradat dan di bagikan pada perwakilan kelompok.
c.
Salah satu
peserta didik dari kelompok tsb bertugas menulis satu paragraph kurang lebih
tiga baris tentang فيغرفة
الجلوس yang disusun dari kartu mufradat yang ada atau gambar
suatu kegiatan. Dalam waktu yang ditentukan
harus diserahkan dan di kumpulkan
pada meja yang tersedia.
d.
Secara
bergantian masing-masing kelompok berlomba
membaca isi paragraf
lalu menyampaikan informasi yang dibaca untuk di tulis ulang oleh salah
satu anggota kelompok di papan tulis.
e.
Guru melontarkan
hasil kerja kelompok kepada seluruh peserta didik untuk ditanggapi dan diberi
masukan.
f.
Salinan
paragraph yang paling lengkap dan benar menjadi pemenang.
c.
Penutup
1.
Peserta didik mengekspresikan pembelajaran yang telah berlangsung.
2.
Guru memberikan penguatan melalui pemberian tugas.
3.
Guru mengajak peserta didik untuk mengakhiri pelajaran dengan membaca hamdalahdalam
ungkapan arab seperti;
هَيَّا بِنَا نَخْتَتِم
دَرْسَنَا بِالْحَمْدَلَة
G.
Penilaian
Penilaian
dapat dilihat pada pedoman umum
Remidial
Guru
memberikan latihan ulang pada peserta didik yang belum mencapai ketuntasan
minimal.
Contoh:
إقراء الكلمات
التالية جيدا!
1. فِي
غُرْفَةِ الْجُلُوْس أَرِيْكَة وَ حِزَانَة
2. ذَالِكَ مَكْتَب جَمِيْل
Pengayaan
Guru
memberikan penguatan dan pengayaan kepada peserta didik yang telah mencapai
ketuntasan belajar dengan memberikan soal-soal ataupun tugas lainnya.
Contoh:
إقراء الكلمات
التالية جيدا!
1- مَا أَجْمَلَ اِنَاءَ الزَّهْرَة فِيْهِا الدَّهْلِيا
2- هَذِهِ الْغُرْفَة نَظِيْفَة
مُنَظَّمَة وَخَالِيَة مِنَ الْأَغْرَاض
H.
Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar
Buku paket
Kamus
Benda-benda di lingkungan Madrasah.
Gambar-gambar yang sesuai tema /topik
Alat Peraga
Mengetahui ...............,
..........2020
Kepala Madrasah Guru
Mata Pelajaran
…………………………….. ……………………………..
NIP. ………………………. NIP.
……………………….
0 Comments