Advertisement

DOWNLOAD RPP 1 LEMBAR 2020

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah/Madrasah                   : MI

Mata Pelajaran                        : Bahasa Arab

Kelas/Semester                        : V /Ganjil

Alokasi Waktu                        : 8 x 35 menit (4 TM)

Pertemuan ke                          : 1 dan 4

           

A.    KOMPETENSI INTI

KI-1                       :   Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

KI-2                       :   Menunjukkan perilaku jujur disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.

KI-3                       :   Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

KI-4                       :   Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

 

B.     Kompetensi Dasar

 

1.1 Meresapi makna anugerah Allah SWT berupa bahasa Arab

1.2 Meresapi anugerah Allah SWT atas terciptanya bahasa yang beragam

2.1 Memiliki kepedulian, rasa ingin tahu dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan menggunakan media bahasa Arab yang dimiliki

2.1 Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga dan guru dengan menggunakan media bahasa Arab yang dikuasai

 

3.1 Mengidentifikasi bunyi huruf, kata, frasa, dan kalimat sederhanaterkait topik:

غرفة الجلوس والمذاكرة؛ في الحديقة؛ الألوان

       baik secara lisan maupun tertulis

 

 

3.2 Menemukan makna dari ujaran kata, frasa, dan kalimat sederhana terkait topik :

غرفة الجلوس والمذاكرة؛ في الحديقة؛ الألوان

 

 

3.3 Memahami bentuk kata, frasa, dan kalimat  sederhana terkait topik :

غرفة الجلوس والمذاكرة؛ في الحديقة؛ الألوان

 

 

3.4 Memahami kata, frase dan kalimat sederhana secara lisan dan tertulis terkait topik :

غرفة الجلوس والمذاكرة؛ في الحديقة؛ الألوان

 

 

4.1 Melafalkan bunyi huruf, kata, frasa, dan kalimat Bahasa Arab terkait topik:

غرفة الجلوس والمذاكرة؛ في الحديقة؛ الألوان

 

 

4.2 Menyampaikan makna dari ujaran kata, frasa, dan kalimat kalimat sederhana   terkait topik:

غرفة الجلوس والمذاكرة؛ في الحديقة؛ الألوان

 

 

4.3 Menggunakan kata, frasa, dan kalimat sederhana terkait topik :

غرفة الجلوس والمذاكرة؛ في الحديقة؛ الألوان

 

 

4.4 Mengungkapkan kata, frase dan kalimat sederhana secara lisan dan tertulis terkait topik :

غرفة الجلوس والمذاكرة؛ في الحديقة؛ الألوان

dalam berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat

 

Tarkib:

(الإشارة للمفرد + الاسم) + الصفات

 

C.    Indikator

a. melafalkan mufrodat tentang  في غرفة الجلوس

b. melafalkan teks qira’ah tema في غرفة الجلوس

c. menterjemahkan teks في غرفة الجلوس

d. Menyebutkan perabot dalam ruang duduk (في غرفة الجلوس ) dalam bahasa Arab

 

D.    Alokasi Waktu

2X35 menit

 

E.     Materi Pokok

أ. القِرَاءة

اِسْمِي مُصْطَفَي لِيْ صَدِيْق اِسْمُهُ إِدْرِيْس اسْمُ أَبِيه السَّيِّد خَلِيْل المُدَرِّس فِي الْمَدْرَسَة الاِبْتِدَائِيَّة واسْمُ أُمه السَّيِّدة فاطمة هي خَيَّاطَة مَاهِرَة فِي هذِهِ الْقَرْيَة, أُنْظُر هذِهِ الصورة!

هذا بَيْت إِدْرِيْس هذا البَيْت جَدِيْد إنه بَيْتٌ كَبِيْرٌ نَظِيْفٌ  فِيْه  غُرْفَة الْجُلُوس وغُرْفَة النَّوْم وَغُرْفَة الْاَكْل وَغُرْفَة الْمُذَاكَرَة وَغَيْرِهَا. هَذِهِ  غُرْفَة الْجُلُوْس النَظِيْفَة الْمُرَتِّبّة  فيها أَرِيْكَة وَخزَانَة وَتِلْفُون وَتِلِفاز ومَكْتَب جَمِيْل وكُرْسِي. عَلَى هذا الْمَكْتَب مَجَلَّة وَجَرِيْدَة جَدِيْدَة, هَذِهِ الْمَجَلَّة لِلأطفال. أُنْظُر! مَا أَجْمَلَ اِنَاء هذِهِ الزَّهْرَة هِي زَهْرَة الدَّهْلِيا الجَمِيْلَة بِجَانِبِ هذا الإِنَاء مِصْبَاح جَمِيْل

F.     Proses Pembelajaran

a.      Pendahuluan/appersepsi

1)      Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.

2)      Guru mengajak peserta didik memulai pelajaran dengan membaca basmalah seperti;

هَيًّابِنَا نَبْتَدِئ دَرْسَنَا بِالْبَسْمَلَة

3)      Gurumemeriksakehadiran,kerapianberpakaian,posisitempatdudukdisesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

4)      Guru menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik.

5)      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

6)      Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif  pengalaman peserta didik dan dikaitkan dengan tema في غرفة الجلوس

7)      Media/alatperaga/alat bantu bias berupa ulisan manual di papan tulis, kertas karton (tulisan yang besar dan mudah dilihat/dibaca), atau dapat juga menggunakan  multimedia berbasis ICT atau media lainnya.

8)      Untuk menguasai kompetens ini salah satu model pembelajaran yang dapat dipakai  antara lain  model role playing (model pembelajaran bermain peran). Model ini bisa dipadukan dengan model artikulasi (membuat/mencari pasangan yang bertujuan untuk mengetahui daya serap peserta didik).

9)      Pembelajaran tema dapat dilaksanakan di luar kelas, antara lain mushalla,masjid, atau tempat lain yang memungkinkan disekitar madrasah.

 

b.      Kegiatan Inti

1)      Guru  meminta peserta didik mengamati gambar anak sedang duduk di ruang tengah

2)      Peserta didik mengemukakan isi gambar tersebut

3)      Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan oleh peserta didik tentang isi gambar tersebut

4)      Peserta didik diberi kesempatan untuk membaca qiraah pada buku siswa.

5)      Guru mengembangkan pembelajaran dengan Strategi (Index Card Match) Strategi ini biasanya digunakan untuk mengajarkan kata-kata atau kalimat dengan pasangannya. Misalnya kata dengan artinya, atau soal dengan jawabannya, dan sebagainya. Dalam pembelajaran qira’ah dapat juga diterapkan untuk melakukan evaluasi terhadap pemahaman siswa pada isi bacaan dengan membuat kartu-kartu soal dan jawabannya.


Langkah-langkah pembelajaran:

1)      Siapkan kartu secara berpasangan (soal dan jawabnya) lalu diacak.

2)      Bagikan kartu secara berpasangan tersebut kepada semua siswa dan mintalah mereka memahami artinya.

3)      Mintalah semua siswa untuk mencari pasangannya masing-masing dengan tanpa bersuara.

4)      Setelah menemukan pasangannya, mintalah siswa berkelompok dengan pasangannya masing-masing.

5)      Mintalah masing-masing kelompok untuk menyampaikan (mempresentasikan) hasilnya di depan kelas.

6)      Berikan kesempatan kepada kelompok lain untuk memberikan komentar atau pertanyaan.

7)      Berikan klarifikasi terhadap hasil kerja kelompok tersebut.

c.       Penutup

1. Peserta didik meyimpulkan isi bacaan

2. Guru memberikan penguatan melalui pemberian tugas menulis kosa kata baru pada kartu untuk dihafal.

3. Guru memberikan kesempatan kepada peserta untuk mengakhiri pelajaran dengan hamdalah,  dengan ungkapan:

هَيَّا بِنَا نَخْتَتِم دَرْسَنَا بِالْحَمْدَلَة

           

A.     Hiwar (الحوار)

1.      Indikator

Melafalkan teks hiwar  tema في غرفة الجلوس

Mendemonstrasikan teks hiwar  tema في غرفة الجلوس

2.      Tujuan Pembelajaran

Peserta didik  mampu :

a.       Melafalkan teks hiwar dengan baik

b.      Mendemonstrasikan hiwar dengan baik dan benar

3.      Materi Pokok

 

حكيم             : السَّلاَم عَلَيْكُم

رحمن           : وَعَلَيْكُم السَّلاَم وَرَحْمَة الله

حكيم             : يَا رَحْمن اُنْظُر هنَاك! ذَالِكَ بَيْتِي

رحمن           : مَا أَجْمَلَ بَيْتَكَ يَا حَكِيْم

حكيم             : اَلْحَمْدُ لله

رحمن           : هَلْ فِيْهِ غُرْفَة الْجُلُوْس؟

حكيم             : نَعَمْ, فِيْهِ غُرْفَةُ الْجُلُوْس وغُرْفَة النَّوْم وَ غُرْفَة الْمُذَاكَرَة وَغَيْرُهَا

رحمن           : مَاذَا فِي غُرْفَةِ الْجُلُوْس؟

حكيم             : فِيْهِا مَكْتَب وَكُرْسِيّ وَتِلْفَاز وَغَيْرُها

رحمن           : شُكْرًا ! اِلَي اللِّقَاء

حكيم             : عَفْوًا, مَعَ السَّلَامَة

 

4.      Proses Pembelajaran

a.      Pendahuluan/appersepsi

1)      Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.

2)      Guru mengajak peserta didik memulai pelajaran dengan membaca basmalah seperti;

هَيًّابِنَا نَبْتَدِئ دَرْسَنَا بِالْبَسْمَلَة

3)      Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

4)      Guru menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik.

5)      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

6)      Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif  pengalaman peserta didik dan dikaitkan dengan tema في غرفة الجلوس

7)      Media/alatperaga/alat bantu bias berupa tulisan manual di papan tulis, kertas  karton (tulisan yang besar dan mudah dilihat/dibaca), atau dapat juga menggunakan multimedia berbasis ICT atau media lainnya.

8)      Untuk menguasai kompetens ini salah satu model pembelajaran yang dapat dipakai  antara lain  model role playing (model pembelajaran bermain peran). Model ini bisa dipadukan dengan model artikulasi (membuat/mencari pasangan yang bertujuan untuk mengetahui daya serap peserta didik).

9)      Pembelajaran tema dapat dilaksanakan di luar kelas, antara lain mushalla,masjid, atau tempat lain yang memungkinkan yang ada di lingkungan madrasah.

 

 

 

b.      Kegiatan Inti

1.      Guru menyampaikan pengantar atau ilustrasi singkat tentang في غرفة الجلوس dengan mengajukan beberapa pertanyaan relevan dengan topik. Pengantar ini diikuti dengan langkah-langkah berikut.

2.      Peserta didik mengamati materi hiwar melalui tape recorder atau LCD. Berikanlah motivasi agar peserta didik memiliki perhatian penuh dalam mengamati materi.

3.      Bila diperlukan guru memberikan pengulangan istima’ (mendengarkan) sambil memahami isi hiwar dengan melihat gambar yang tertera dalam buku.

4.      Pengulangan istima’dengan dibarengi peniruan secara kolektif (bersama-sama).

5.      Pengulangan istima’ sekali lagi dengan diikuti peniruan secara berkelompok tertentu lalu secara individual.

6.      Pembacan teks hiwar (buku dibuka) oleh semua peserta didik, kelompok atau oleh individu-individu.

7.      Setelah isi hiwar dipahami, barulah ditindaklanjuti dengan bahasan berikutnya; tadribat, dengan cara memberikan peserta didik kesempatan untuk mencari pasangan.

8.      Peserta didik mendemonstrasikan hiwar secara berpasangan

 

 

c.     Penutup

1. Peserta didik mengekspresikan pembelajaran yang telah berlangsung.

2. Guru memberikan penguatan melalui pemberian tugas.

3. Guru mengajak peserta didik untuk mengakhiri pelajaran dengan membaca hamdalahdalam ungkapan Arab seperti;

هَيَّا بِنَا  نَخْتَتِم دَرْسَنَا بِالْحَمْدَلة

B.     Istima’ ( الإستماع )

 

1.      Indikator

a. melakukan aktivitas sesuai kalimat yang didengar

b. menunjukkan kalimatsesuai dengan pernyataan yang didengar

c. mengulang kembali kalimat yang didengarkannya

 

2.      Tujuan Pembelajaran

Peserta didik  mampu :

a.       melakukan kegiatan sesuai dengan kalimat yang didengarnya dengan baik

b.      menjawab pertanyaan yang didengarkannya dengan benar

c.       mempraktekkan pernyataan yang didengarnya dengan baik

d.      menyampaikan kembali pesan yang didengarkannya dengan benar

 

 

3.      Alokasi Waktu

2X35 menit

 

4.      Materi Pokok

 

مَاذَا فِي غُرْفَةِ الْجُلُوْس؟

فِيْهَا:

 

صُوْرَة

أَرِيْكَة جَدِيْدَة

تِلْفَاز

الْجَرِيْدَة

تِلِيْفُوْن

مِصْبَاح

 

ماذا عَلَى الْمَكْتَب؟

عَلَى الْمَكْتَب ...

تِلْفَاز

كُتُب

مَجَلَّات

صُنْدُوْق

جَرِيْدَة

كِتَاب

 

5.      Proses Pembelajaran

a.      Pendahuluan/appersepsi

1)      Guru mengajak peserta didik memulai pelajaran dengan membaca basmalah bersama-sama dengan ungkapan bahasa Arab seperti;

أَيُّهَا التَّلاَمِيْذ، هَيّا بِنَا نَبْتَدِئ دَرْسَنَا بِالْبَسْمَلَة مَعًا

2)      Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

3)      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

4)      Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif  pengalaman peserta didik dan dikaitkan dengan tema غرفة الجلوس

5)      Media/alatperaga/alat bantu bisa berupa tulisan manual di papan tulis,  kertas  karton (tulisan yang besar dan mudah dilihat/dibaca), atau dapat juga menggunakan multimedia berbasis ICT atau media lainnya.

6)      Untuk menguasai kompetensi ini salah satu model pembelajaran yang cocok di antaranya model pesan berantai.

7)      Pembelajaran tema dapat dilaksanakan di luar kelas, antara lain mushalla,masjid, atau tempat lain yang memungkinkan di lingkungan madrasah.

 

 

b.      Kegiatan Inti

1)      Guru  meminta peserta didik mengamati gambar anak sedang sedang duduk di ruang tengah

2)      Peserta didik mengemukakan isi gambar tersebut

3)      Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang isi gambar tersebut

4)      Peserta didik diberi kesempatan untuk membaca qiraah pada buku siswa.

5)      Guru mengembangkan pembelajaran dengan metodepesan berantai, yaitu peserta didik menyampaikan pesan secara estafet.


Langkah-langkah pembelajaran:

a.       Siapkan beberapa kartu berisi kalimat (jumlah) sesuai dengan tema

b.      Mintalah beberapa peserta didik untuk maju ke depan kelas

c.       Guru membagi siswa menjadi satu baris atau dua baris, kemudian siswa yang berada di baris yang paling depan diminta  maju menghadap guru.

d.      Mintalah salah satu peserta didik untuk mengambil salah satu kartu dan membacanya dalam hati secara seksama

e.       Guru memperlihatkan kalimat pendek, berupa pesan singkat atau perintah kepada siswa.

f.       Siswa yang mendapatkan perintah atau pesan dari guru menyampaikannya kepada siswa berikutnya dengan suara berbisik, begitu seterusnya.

g.      Siswa yang berada di baris terakhir menyebutkan pesan atau perintah dengan suara yang keras

h.      Guru mencocokkan dengan kartu yang diberikan peserta didik pertama.

i.        Guru memberikan apresiasi kepada kelompok peserta didik yang benar melaksanakan pesan atau menirukan kalimat dari bisikan temannya secara sempurna.

c.       Penutup

1. Peserta didik mengekspresikan pembelajaran yang telah berlangsung.

2. Guru memberikan penguatan melalui pemberian tugas.

3. Guru mengajak peserta didik untuk mengakhiri pelajaran dengan membaca hamdalah dalam ungkapan arab seperti;

هَيَّا بِنَا نَخْتَتِم دَرْسَنَا بِالْحَمْدَلَه

C.      Kitabah( الكتابة )

1.      Indikator

a. menulis mufradat tentang  في غرفة الجلوس

b. melanjutkan kalimat sesuai dengan tema في غرفة الجلوس

c. menyusun kalimat sederhana

 

2.      TujuanPembelajaran

Pesertadidik mampu :

a.       Menulis kalimat dengan   mufradat  yang telah ditentukan  tentang في غرفة الجلوس  melalui imla’manqul/ ta’biru shurah.

b.      Menyempurnakan kalimat tentang  في غرفة الجلوس dengan mufradat yang telah disediakan . 

c.       Menyusun kata acak sehingga menjadi kalimat sempurna.

 

3.   Alokasi Waktu

 

      2X35 menit

 

4.   Materi Pokok

 

غُرْفَة الجْلُوْس جَمِيْلَة

تِلْكَ مَدْرَسَةٌ,  اَلْمَدْرَسَةُ كَبِيْرَةٌ

عَلَى الرَّفّ كُوْب

 

 

 

5.      Proses Pembelajaran

a.      Pendahuluan/appersepsi

·      Guru membuka pelajaran dengan mengajak peseta didik membaca basmalah bersama-sama

أَيُّهَا التَّلاَمِيْذ، هَيَّا بِنَا نَبْتَدِئ دَرْسَنَا بِالْبَسْمَلَه مَعًا

·      Guru bertanya jawab tentang kosa kata yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya

·      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang harus dicapai saat ini

 

 

b.   Kegiatan Inti

a.          Guru membagi peserta didik  dalam beberapa kelompok

b.         Guru menyiapkan lembaran kertas/ kartu mufradat dan di bagikan pada  perwakilan kelompok.

c.          Salah satu peserta didik dari kelompok tsb bertugas menulis satu paragraph kurang lebih tiga baris tentang  فيغرفة الجلوس yang disusun dari kartu mufradat yang ada atau gambar suatu kegiatan. Dalam waktu yang ditentukan  harus diserahkan  dan di kumpulkan pada meja yang tersedia.

d.         Secara bergantian  masing-masing kelompok berlomba membaca isi paragraf  lalu menyampaikan informasi yang dibaca untuk di tulis ulang oleh salah satu anggota kelompok  di papan tulis.

e.          Guru melontarkan hasil kerja kelompok kepada seluruh peserta didik untuk ditanggapi dan diberi masukan.

f.          Salinan paragraph yang paling lengkap dan benar menjadi pemenang.

 

c.       Penutup

1. Peserta didik mengekspresikan pembelajaran yang telah berlangsung.

2. Guru memberikan penguatan melalui pemberian tugas.

3. Guru mengajak peserta didik untuk mengakhiri pelajaran dengan membaca hamdalahdalam ungkapan arab seperti;

هَيَّا بِنَا نَخْتَتِم دَرْسَنَا بِالْحَمْدَلَة

 

G.    Penilaian

Penilaian dapat dilihat pada pedoman umum

 

Remidial

Guru memberikan latihan ulang pada peserta didik yang belum mencapai ketuntasan minimal.

Contoh:

إقراء الكلمات التالية جيدا!

 

1.      فِي غُرْفَةِ الْجُلُوْس أَرِيْكَة وَ حِزَانَة

2.      ذَالِكَ مَكْتَب جَمِيْل

 

 

Pengayaan

Guru memberikan penguatan dan pengayaan kepada peserta didik yang telah mencapai ketuntasan belajar dengan memberikan soal-soal ataupun tugas lainnya.

Contoh: 

إقراء الكلمات التالية جيدا!

1- مَا أَجْمَلَ اِنَاءَ الزَّهْرَة فِيْهِا الدَّهْلِيا

2- هَذِهِ الْغُرْفَة نَظِيْفَة مُنَظَّمَة  وَخَالِيَة مِنَ الْأَغْرَاض

 

H.  Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar

­   Buku paket

­   Kamus

­   Benda-benda di lingkungan Madrasah.

­   Gambar-gambar yang sesuai tema /topik

­   Alat Peraga

 

 

 

Mengetahui                                                                 ..............., ..........2020

Kepala Madrasah                                                        Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

……………………………..                                      ……………………………..

NIP. ……………………….                                      NIP. ……………………….

Post a Comment

0 Comments