Isim Yang Dirafakan (Marfuatul Asma)
Marfu’atul
Asma’
I’rab
rafa adalah i’rab yang ditandai dengan dhammah atau penggantinya yaitu wau,
alif dan nun. Irab rafa’ merupakan irab dasar. Semua isim pada awalnya berirab
rafa’ sehingga ada amil yang mengubah irabnya.
Rafa'
1. Dhammah Dhammah menjadi tanda rafa’ pada kata yang berbentuk:
Ø Isim mufrad يَرْجِعُ خَلِيْلٌ •
Ø Jama’ taksir جَاءَتِ الطَّالِبَاتُ •
Ø Jama’ muanats salim جَاءَ
الطُّلَابُ •
Ø Fiil mudhari shahih يَرْجِعُ
خَلِيْلٌ
2. Wau Wau menjadi tanda i’rab rafa’ pada kata yang berupa: •
Ø Jama’ mudzakar salim جَاءَ
الطَّالِبُوْنَ •
Ø Isim lima جَاءَ أَخُوْكَ
3. Alif Alif menjadi tanda ra’fa pada isim tatsniyah.
مَحْمُوْدٌ وَخَلِيْلٌ طَالِبَانِ
4. Nun Yaitu pada fi’il mudhari yang ditambahkan dhamir alif
tatsniyah, dhamir wau jama’ atau dhamir ya muanatsah mukhatabah atau disebut
juga fi’il lima.
Contoh:
يَرْجِعَانِ
– يَرْجِعُوْنَ – تَرْجِعَانِ – تَرْجِعُوْنَ - تَرْجِعِيْنَ
Adapun
isim yang berirab rafa’ harus dalam kedudukan tertentu dalam kalimat. Sebuah
kalimah isim ditandai dengan rofa’ apabila berkedudukan sebagai fa’il, naibul
fa’il, mubtada’, khabar, isim kana, khabar inna, dan tabi’ lil marfu. Berikut
penjelasannya:
1) Fail
Fa’il adalah
kata yang menunjukkan pelaku atau sebagai subjek. Dalam kaidah bahasa Arab,
fa’il harus berada setelah fi’il.
Contoh:
يَرْجِعُ
خَلِيْلٌ مِنَ الْمَدْرَسَةِ - جَاءَتِ الطَّالِبَاتُ
Fa’il adalah isim marfu’ yang terletak setelah fi’il
ma’lum dan menunjukkan pihak yang melakukan fi’il atau menyandang sifat fi’il.
Fa’il bisa berupa:
a. Isim mu’rab, sebagaimana pada contoh-contoh yang telah
lewat.
b. Isim mabni ( dhamir, bariz ataupun mustatir, isim
isyarah, isim
maushul dan seterusnya).
Contoh: جلستُ
(aku telah duduk) Ta’ adalah dhamir mabni pada posisi rafa’ fail
c. Mashdar muawwal yang tersusun dari أَنْ + fi’il atau أَنَّ + isimnya + khabarnya.
Tidak disyaratkan fa’il harus berada setelah fi’il secara
langsung tetapi boleh dipisah oleh satu pemisah atau lebih.
2)
Naibul fail
Naibul fa’il adalah kata yang asalnya maf’ul
kemudian berkedudukan sebagai pengganti fa’il karena fa’ilnya dibuang serta
fi’ilnya harus berupa mabni majhul.
Contoh:
خُذِفَ
الْقَلَمُ – كُتِبَ الصِّيَامُ
Naibul Fail adalah isim marfu’ yang terletak setelah fi’il majhul
dan menempati posisi fa’il yang telah dihapus. Dihapusnya fa’il bisa karena
fa’il sudah maklum diketahui atau karena belum diketahui atau karena takut
kepada fa’il atau karena mengkhawatirkan fa’il.
Contoh:
هُزِمَ الْعَدُوُّ (musuh itu telah dikalahkan) lafad الْعَدُوّ menjadi naib fail marfu’
dengan dhomah
Asal mula kalimatnya adalah:
هَزَمَ جَيْشُنَا العَدُوَّ (pasukan kami telah
mengalahkan musuh itu).
Pasukan kami telah mengalahkan musuh itu.
Ketika fa’ilnya
dihapus karena sudah diketahui maka fi’il dibuat menjadi majhul dan maf’ul bih
menempati posisi fa’il dan dinamakan naibulfa’il.
3) Mubtada’
Mubtada’ adalah kata yang menunjukkan pokok kalimat atau subjek
dalam kalimat nomina. Contoh:
مَحْمُوْدٌ
مُدَرِّسٌ - اَلْمُسْلِمُوْنَ إِخْوَةٌ
Pembagian Mubtada’
Ø Mubtada’ Zhahir atau jelas
Mubtada zhahir
ialah mubtada yang isim atau kata bendanya sudah jelas diketahui.
Mubtada zhahir
ada 2 macam ,yaitu :
a) Mubtada’ yang mempunyai khabar.
Contoh : اَللَّةُ
رَبَنَا (Allahu Robbanaa) = Allah adalah Rabb kami.
b) Mubtada’ yang tidak mempunyai khabar, hanya mempunyai isim yang
dirafakan yang menduduki tempat khabar. Contoh : آقَا ئِمّ
زَيْدّ (Aaqa imun zaidun) =
Apakah kedua Zaid itu berdiri?
Ø Mubtada’ Mudhmar (dhamir)
Mubtada mudhmar
ialah mubtada’nya terdiri dari kata ganti seperti ana atauانا dan saudara-saudaranya, contoh : (anta
mujtahidun) اَنْتَ مُجْتَهِدّ (engkau rajin).
Dhamir/kata
ganti ada 12 (dua belas), yaitu :
1) Saya = اَنَا
2) Kami atau kita = نَحْنُ
3) Kamu laki-laki = اَنْتَ
4) Kamu perempuan = اَنْتِ
5) Kamu berdua laki-laki/perempuan = اَنْتُمَا
6) Kalian laki-laki = اَنْتُمْ
7) Kalian perempuan = اَنْتُنَّ
8) Dia laki-laki = هُو
9) Dia perempuan = هِيَ
10) Mereka berdua
laki-laki/perempuan = هُمَا
11) Mereka semua laki-laki = هُمْ
12) Mereka semua
perempuan = هُنَّ
4) Khabar
Khabar adalah kata yang menjelaskan pokok kalimat atau sebagai
predikat dalam kalimat nomina.
Contoh:
هَذَا
كِتَابٌ - مَحْمُوْدٌ وَخَلِيْلٌ طَالِبَانِ
Pembagian Khabar
1. Khabar Mufrad
Khabar mufrad
adalah khabar yang bukan kalimat jumlah dan bukan pula serupa dengan jumlah.
Kalimat jumlah terdiri atas mubtada’ dan khabar, atau terdiri atas fi’il dan
fa’il. serupa dengan jumlah, yaitu zharaf atau jarr dan majrur.
Contoh :
زَيْدٌ قَا ئِمٌ (Zaidun qaimun) = Zaid berdiri.
زَيْدٌ أَخُوْكَ (Zaidun akhuka) = Zaid saudara laki – lakimu.
اَلْمُسْلِمُوْنَ قَا ئِمُوْنَ (Zaiduuna qaaimuunaa) = Orang-orang muslim
itu semuanya berdiri.
2. Khabar Ghair Mufrad
Khabar ghair
mufrad adalah khabar yang terdiri atas jumlah mubtada dan khabar atau terdiri
atas fi’il dan fa’il.
Khabar ghair
mufrad berbentuk jumlah ismiyyah.
Contoh :
زَئْدٌ جَا زِئَتَهُ ذَاهِبَةٌ (Zaidun jaariibatuhu
dzaahibatuu) = Zaid hamba perempuannya pergi.
Keterangan :
Lafazh زَئْدٌ berkedudukan sebagai
mubtada’ pertama,dan lafazh جَازِئَتَهُ berkedudukan sebagai
mubtada’ kedua,sedangkan lafazh ذَاهِبَة merupakan khabar.
3.
Khabar Syibhul Jumlah
Khabar syibhul jumlah (serupa
dengan jumlah) adalah memakai zharaf atau jarr – majrur.
a. Khabar syibhul
jumlah yang memakai zharaf
Contoh زَئْدٌ عِنْدَ كَ (Zaidun ngindakaa) = Zaid berada di sisimu.
Keterangan :
Lafazh زَئْدٌ berkedudukan sebagai mubtada’,sedangkan lafazh عِنْدَ كَ merupakan
zharaf makan yang berkedudukan menjadi khabar dari mubtada’.
Contoh dari firman Allah SWT :
وَا لرَّكْبُ اَسْفَلَ مِنْكُمْ
(Warrakbu asbalaminkum) =
“Kafilah itu berada di bawah kalian ”. (Al – Anfal : 42)
Keterangan
:
Lafazh الرَّكْبُ berkedudukan sebagai mubtada’,sedangkan lafazh اَسْفَلَmerupakan zharaf makan yang menjadi khabar dari
mubtada’.
b.
Khabar syibhul jumlah yang memakai jarr – majrur.
Contoh :
زَئْدٌ فِى ا لدّ ارِ
(Zaidun fiddarii) = Zaid berada
di dalam rumah.
Keterangan
:
Lafazh زَئْدٌ berkedudukan
sebagai mubtada’,sedangkan lafazh الدّ ارِ merupakan jar-majrur yang menjadi khabarnya.
5) Isim kana
Isim kana adalah mubtada’ yang diawali kana dan teman-temannya.
Contoh:
كَانَ أَخُوْكَ مُدَرِّسًا - كَانَ الكِتَابُ جَدِيْدًا
6) Khabar inna
Khabar inna adalah khabar yang diawali oleh “inna” dan
teman-temannya:
contoh:
إِنَّ مَحْمُوْدًا مُدَرِّسٌ – إِنَّ الْمُسْلِمِيْنَ إِخْوَةٌ
7) Tawabi’
في الكلام على مرفوعات الأسماء ومنصوباتها
ومجروراتها، أن الاسم يرفع إن كان تابعا لمرفوع، وينصب إن كان تابعا لمنصوب، ويجرّ
إن كان تابعا لمجرور.
والتوابع هي
الكلمات التى لا يمسّها الإعراب إلا على سبيل التّبع لغيرها. بمعنى أنها تعرب
إعراب ما قبلها. وهي خمسة أنواع: النعت والتوكيد والبدل والعطف.
Tawabi’ merupakan
jama’ dari isim fail
taba’a-yatbi’u-taabi’un yang berarti lafadz yang manut (mengikuti). Tawabi’
meliputi 4 macm yakni naat, athaf, taukid dan badal. Dan uniknya lagi tawabi’
ini termasuk pada 3 kondisi I’rab baik itu marfuatil asma, mansubatil asma, dan
makhfudhotil asma.
A. NA’AT
1.
Definisi Na’at (تعريف النعت)
التَّابِعُ
الدَالُ عَلى صِفَةٍ مِنْ صِفَاتِ مَتْبُوْعِهِ أَوْ مِنْ صِفَاتٍ مُتَعَلِّقٍ
مَنْعُوْتُهُ
Na’at
adalah tabi’ (pengikut) yang menunjukan kepada suatu sifat dari pada
sifat-sifat man’utnya atau yang masih berkaitan dengan man’utnya.
Contoh:
اِسْتَيْقَظَ خَالِدٌ المُجْتَهِدُ
مِنْ نَوْمِهِ في السَّاعةِ الرّابعةِ صَبَاحًا ثمَّ قَامَ بِاالصَّلاةِ
Kholid
(yang rajin) bangun tidur pukul 4 pagi lalu mendirikan sholat.
Lafadz
خَالِدٌ berperan sebagai man’ut (yang disifati)
dan lafadz المُجْتَهِدُ berperan sebagai na’at (sifat).
2.
Macam-Macam
Na’at (أنواع النعت)
Dari
definisi di atas, terdapat dua kaidah penting terkait hubungan antara na’at dan
man’ut. Dari sini, Para Ulama membaginya menjadi dua kelompok yaitu Na’at
Haqiqi dan Na’at Sababi.
قال
ابن مالك فَالنَّعْتُ تَابعٌ مُتِمٌّ مَا سَبَقْ # بِوَسْمِهِ أوْ
وَسْمِ مَا بِهِ اعْتَلَقْ
Ibnu
Malik berkata: “Na’at adalah tabi’ (pengikut) yang menyempurnakan isim (man’ut)
yang berada sebelumnya dengan cara mensifatinya yang disebut dengan na’at
haqiqi. Dan atau mensifati Isim yang masih berkaitan dengan man’ut yang disebut
dengan (na’at sababi).
a. Na’at Haqiqi (النعت الخقيقي)
اِسْمٌ
يَتَّبِعُ الاِسْمَ الَّذِي قَبْلَهَ (مَنْعُوت) أَو هُوَ الَّذِي يأتي وَصْفًا
وَبَيَانًا لِلمَنْعُوْتِ نَفْسِهِ وَيَتَّبِعُهُ فِي جَمِيْعِ أَحْوَالِ
إِعْرَابِهِ فِيِ التَّعْرِيْفِ وَالتَنْكِيْرِ، وَ التَّأْنِيْثِ وَالتَّذْكِيْرِ
وَ الإِفْرَادِ وَالتَثْنِيَةِ وَالجَمْعِ وَالرَفْعِ وَالنَصْبَ وَالجَر
Na’at haqiqi adalah Isim yang menjadi sifat atau penjelas bagi man’ut.
Kaidah i’rab na’at haqiqi:
Keadaan i’rab na’at haqiqi selalu mengikuti i’rab
man’utnya dari segi mufrad (satuan), mudzakkar, muannats, tastniyah/mutsanna,
jamak, nakirah, makrifat, rafa, nashab dan khafad.
Berikut adalah contoh perubahan ‘Irabnya.
- Contoh na’at haqiqi dalam bentuk mufrad mudzakar dan
makrifat dalam keadaan marfu’, manshub dan majrur
جَاءَ
الطَّالِبُ المُجْتَهِدُ
رَأَيْتُ
الطَّالِبَ المُجْتَهِدَ
مَرَرْتُ
بالطَّالِبِ المُجْتَهِدِ
- Contoh na’at haqiqi dalam bentuk mufradah muannatsah
dan makrifat dalam keadaan marfu’, manshub dan majrur
جَائَتْ
الطَّالِبَةُ المُجْتَهِدَةُ
رَأَيْتُ
الطَّالِبَةَ المُجْتَهِدَةَ
مَرَرْتُ
بِالطَّالِبَةِ المُجْتَهِدَةِ
- Contoh na’at haqiqi dalam bentuk mutsanna mudzakar dan
makrifat dalam keadaan marfu’, manshub dan majrur
جَاءَ
الطَّالِبَانِ المُجْتَهِدَان
رَأَيْتُ
الطَّالِبَيْنِ المُجْتَهِدَيْنِ
مَرَرْتُ
بالطَّالِبَيْنِ المُجْتَهِدَيْنِ
- Contoh na’at haqiqi dalam bentuk mutsana muannats dan
makrifat dalam keadaan marfu’, manshub dan majrur
جَائَتْ
الطَّالِبَتَانِ المُجْتَهِدَتان
رَأَيْتُ
الطَّالِبَتَيْنِ المُجْتَهِدَتَيْنِ
مَرَرْتُ
بالطَّالِبَتَيْنِ المُجْتَهِدَتَيْنِ
- Contoh na’at haqiqi dalam bentuk Jamak Mudzakkar
Salim makrifat dalam keadaan marfu’, manshub dan majrur
جَاءَ
الطَّالِبُوْنَ المُجْتَهِدُوْنَ
رَأَيْتُ
الطَّالِبِيْنِ المُجْتَهِدِيْنَ
مَرَرْتُ
بالطَّالِبِيْنَ المُجْتَهِدِيْنَ
- Contoh na’at haqiqi dalam bentuk jamak
muannats salim makrifat dalam keadaan marfu’, manshub dan majrur
جَاءَتْ
الطَّالِبَاتُ المُجْتَهِدَاتُ
رَأَيْتُ
الطَّالِبَاتِ المُجْتَهِدَاتِ
مَرَرْتُ
بالطَّالِبَاتِ المُجْتَهِدَاتِ
- Untuk contoh na’at nakirah, cukup dengan membuang alif
lam dari na’at dan man’utnya, seperti:
جَاءَ
طَالِبٌ مُجْتَهِدٌ
طَالِبٌ
: مَنْعُوت مُجْتَهِدٌ : نَعَت
b. Na’at Sababi (النعت السَبَبِي)
هُوَ
الَّذِي يأتي وَصْفًا وَبَيَانًا لاِسْمٍ لَهُ مُتَعَلِقٌ بِالمَنْعُوْتِ
، وَيَتَّبِعُهُ فِيِ التَّعْرِيْفِ وَالتَنْكِيْرِ وَ وَالرَفْعِ وَالنَصْبَ
وَالجَر, وَيَتَّبِعُ الاسم بعده في التَّأْنِيْثِ وَالتَّذْكِيْرِ
Na’at
sababi adalah isim yang menjadi sifat atau penjelas bagi isim yang masih
berhubungan dengan man’ut. Isim yang menjadi penghubung yaitu isim dhamir yang
posisinya berada setelah na’at.
Contoh:جَاءَ الطَّالِبُ الكَرِيْمَةُ أُمُهُ
Dhamir
الهاء pada أُمُهُ berfungsi
mengikat الطَّالِبُ dan أم sehingga
keduanya dianggap berhubungan yang dampaknya merubah ‘irab na’at lafadz الكَرِيْمَةُ
Kaidah
‘Irab Na’at sababi:
Keadaan
i’rab na’at sababi hanya mengikuti i’rab man’utnya dari segi makrifat, nakirah,
rafa, nashab dan khafad. Sedangkan untuk bentuk mudzakkar dan muannatsnya, ia
mengikuti i’rab isim setelahnya.
contoh:
جَاءَ
الطَّالِبُ الكَرِيْمَةُ أُمُهُ
رَأيْتُ
الطَّالِبِيْنَ المُجْتَهِدَ أُسْتَاذُهُمْ
مررتُ
بِالطَّالِبَةِ النَّاجِحِ أَخُوْهَا
هٰذَا
البَيْتُ الصَغِيْرَةٌ غُرَفُهُ
هٰذِهِ
الحَدِيْقَةُ الجَمِيْلُ مَنْظَرُهَا
Lafadz
الكَرِيْمَةُ / المُجْتَهِدَ / النَّاجِحِ / الصَغِيْرَةٌ
/ الجَمِيْلُ semuanya adalah na’at untuk isim yang
terletak setelahnya. Perhatikan lafadz الكَرِيْمَةُ dia bentuknya
dari isim makrifat dengan alif lam ta’rif, dimana sama-sama makrifat seperti
lafadz الطَّالِبُ yang berperan sebagai man’ut + fa’il.
Kemudian lafadz الكَرِيْمَةُ juga bentuknya muannats karena
menyesuaikan diri dengan isim setelahnya yaitu (أم) yang
berperan sebagai fa’il.
3.
Hukum kesesuaian antara na’at dan man’ut
-
Pada Na’at Haqiqi, antara na’at dan man’utnya wajib
sesuai dalam semua keadaan, seperti pada definisi di atas. Sedangkan pada na’at
sababi, antara na’at dan man’ut hanya sesuai berdasarkan makrifat dan nakirah,
rafa, nashab dan Jar. Adapun untuk bentuk mudzakar dan muannatsnya, na’at
disesuaikan dengan isim setelahnya.
-
Pada Na’at Haqiqi terdapat bentuk tsatniyah dan jamak
untuk menyesuaikan dengan man’utnya. Sedangkan pada na’at Sababi bentuk
na’atnya tetap dalam keadaan mufrad.
هٰذِهِ سَيَّارَةٌ جَمِيْلَةٌ -» حقيقي
هذا الرَجُلُ الكَرِيْمُ صَدِيْقُهُ -» سببي
B. ATHAF
1.
Definisi ‘Athaf
Nasaq (تعريف عطف النسق)
هُوَ تَابِعٌ يَتَوَسَّطُ بَيْنَهُ وَبَيْنَ
مَتْبُوْعِهِ حَرْفٌ مِنْ حُرُوْفِ العَطفِ ”
‘Athaf nasaq
adalah ta’bi yang mengikuti matbu’ yang dihubungkan dengan huruf ‘athaf” Dalam
stuktur kalimat ‘athaf nasaq terdapat tiga istilah pokok yang disebut dengan
huruf ‘athaf, ma’tuf ‘alaih dan ma’tuf. Ma’tuf ‘Alaih yaitu lafadz yang
diikuti, ma’tuf yaitu lafad yang mengikuti dan huruf ‘athaf yaitu penghubung
antara ma’tuf ‘alaih dan ma’tuf
Contoh: ذَهَبَ
خَالدٌ وَ زَيْدٌ إِلَى المَدْرَسَةِ
Kholid dan Zaid
pergi ke Sekolah
خَالدٌ : فاعل + معطوف عليه
وَ : حرف عطف
“زَيْدٌ : معطوف
على “خَالد
قال ابن مالك:
تَالٍ بحَرْفٍ
مُتْبعٍ عَطْفُ النَّسَقْ # كَاخصُصْ بوُدٍّ وَثَنَاءٍ مَنْ صَدَقْ
Isim tabi’ (yg
mengikuti) dengan perantara huruf ‘athaf (antara tabi’ dan matbu’nya), seperti
contoh “اُخصُصْ بوُدٍّ وَثَنَاءٍ مَنْ صَدَقْ “
“Istimewakan
dengan kasih sayang dan pujian terhadap orang-orang yg jujur”
Ma’tuf ‘alaih
dan ma’tuf yang dihubungkan dengan huruf ‘athaf tidak hanya berlaku untuk kata
mufrad (satuan) seperti contoh di atas. Namun, terjadi
juga untuk bentuk jumlah (kalimat). Akan diperluas pada masing-masing fungsi
huruf ‘athaf berikut.
2.
Jumlah Huruf ‘Athaf (عدد حروف العطف)
Huruf yang digunakan sebagai penghubung antara ma’tuf ‘alaih dan ma’tuf,
semuanya berjumlah 10 huruf dan masing-masing memiliki spesifikasi khusus
sebagai berikut: الوَاو / الفَاء / ثُمَّ / أَوْ / أَمْ / إمَّا / لَكِنْ / لاَ / بَلْ
/ حَتَّى
3.
Definisi Athaf Bayan (تعريف عطف البيان)
Dari banyaknya definisi ‘Athaf Bayan, kita ambil tiga definisi yang lebih
mudah difahami.
اِسْمٌ غَير صفة يكشف عن المراد كشفها أتى به لبيان الأول “
·
Athaf Bayan adalah Isim (bukan sifat) untuk menjelaskan maksud Isim pertama
فَذُو الْبَيَانِ تَابعٌ شِبْهُ الصِّفَهْ # حَقِيقَةُ الْقَصْدِ بِهِ
مُنْكَشِفَهْ
·
Athaf Bayan adalah Tabi’ yang menyerupai sifat berfungsi untuk menjelaskan
hakekat yang dimaksud agar terungkap
هو التَّابِع الَّذي يَأتي لتوضيْحِ أَوْ لِتَخِصِيْصِ وَيَخْتَلِفُ عَنِ
الصفة تكون مشتقة أو مؤولة بمشتق، أمّا عطف البيان فلا يكون إلا جامدًا
·
Athaf Bayan adalah Tabi’ yang berfungsi untuk penjelas atau pengkhususan,
jika bentuk sifat adalah Musytaq atau Muawwal Bil Musytaq, maka untuk ‘Athaf
Bayan adalah Jamid.
Contoh:
جَاءَ خَالدٌ
أَخُوْكَ
kholid (saudaramu) telah
datang
جَاءَ : فعل
خَالدٌ : فاعل + متبوع / معطوف عليه
أَخُوْكَ : عطف البيان / معطوف
Lafadz أَخُوْكَ berperan sebagai ‘athaf bayan yang berfungsi menjelaskan bahwa
yang datang adalah Kholid saudaramu; bukan kholid yang lain.
C.
TAUKID
1.
Definisi Taukid (تعريف التوكيد)
لَفْظٌ مُؤكّد يَتَّبِعُ المُؤَكَّدَ فِي إِعْرَابِهِ
لِرَفْعِ التَوَهُّمِ أَوْ الشكِّ وتَقْوِيَتِهِ سَواء بإعادة اللفظ نفسه أم
استعمال كلمات خاصة
Taukid adalah lafadz penguat yang
keadaan i’abnya mengikuti muakkad (yang diperkuat) untuk tujuan menghilangkan
keraguan dan memperkokohnya, baik dengan mengulangi lafadz muakkad maupun
dengan menggunakan kata-kata khusus.
Contoh: قَرَأتُ الكِتَابَ
Aku telah membaca buku
Bagi orang yang mendengar “Aku telah
membaca buku” mungkin dia masih ragu dengan apa yang didengarnya. Apakah aku membaca satu halaman, setengah atau seluruhnya
dan apakah benar aku sudah membacanya ?. Dengan demikian, diletakanlah lafadz
taukid yang akan membantu menghilangkan keraguan dan timbulnya
pertanyaan-pertanyaan tersebut.
قَرَأتُ الكِتَابَ كُلَّهُ
قَرَأتُ الكِتَابَ الكِتَابَ
قَرَأتُ قَرَأتُ الكِتَابَ
Lafadz كُلَّهُ
taukid untuk الكِتَابَ,
lafadz الكِتَابَ
taukid untuk الكِتَابَ
dan lafadz قَرَأتُ
taukid untuk قَرَأتُ 2.
2.
Macam-Macam Taukid (أنواع التوكيد)
a). Taukid Lafdzi توكيد لفظي ))
إِزَالةُ التَوَهُّمِ بإِعَادَةِ اللَفْظِ
السابِقِ اسمًا، حرفا، ضميرا، فعلا، جملة
Taukid Lafdzi adalah taukid yang berfungsi menghilangkan
keraguan dengan cara mengulangi lafadz mu’akkadnya (lafadz yang ingin
diperkut), baik berupa isim, fi’il, huruf, dhamir ataupun kalimat.
-
Contoh taukid dengan cara pengulangan isim:
قَرَأتُ الكِتَابَ الكِتَابَ
الكِتَابَ : مُؤَكَّد
الكِتَابَ : تَوْكِيْد
- Contoh taukid dengan pengulangan
huruf
فِي فِي المدرسةِ طُلاَّبٌ
فِي : مُؤَكَّد
فِي : تَوْكِيْد
- Contoh taukid dengan pengulangan
dhamir
أَنْتَ أَنْتَ مُجْتَهِدٌ
أَنْتَ : مُؤَكَّد
أَنْتَ : تَوْكِيْد
- Contoh taukid dengan pengulangan
kalimat
قَامَ خَالدٌ قَامَ خَالدٌ
خَالدٌ مُجْتَهِدٌ خَالدٌ مُجْتَهِدٌ
Contoh-contoh diatas semuanya disebut dengan
taukid lafdzi.
b). Taukid Ma’nawi توكيد معنوي ) )
إِزَالةُ التَوَهُّمِ بأَنْ يُذْكَرَ
المُؤَكِّدُ مِنْ إِحْدَى هٰذِهِ الأَلْفَاظِ ( نَفْسٌ / عَيْنٌ / كُلٌّ /
جَمِيْعٌ / عَامَةٌ / كَلاَ / كِلْتَا / أَجْمَع ) بعد الاسم السابق
Taukid maknawi adalah taukid yang berfungsi menghilangkan keraguan
dengan cara meletakan lafadz-lafadz khusus berikut ini نَفْسٌ
/ عَيْنٌ / كُلٌّ / جَمِيْعٌ / عَامَةٌ / كَلاَ / كِلْتَا / أَجْمَع
D.
BADAL
هو اللفظ التابع المقصود وحده بالحكم نسب إلى تابعه من غير أن
تتوسط بينهما في الأغلب واسطة لفظية
قال ابن مالك
التَّابعُ المَقْصُودُ بالْحُكْمِ بلا # وَاسِطَةٍ
هُوَ المُسَمَّى بَدَلا
1. Definisi Badal
Badal adalah lafadz yang mengikuti lafadz mubdal minhu yang
berperan sebagai objek atau target yang dimaksud dari mubdal mihu.
Pada umumnya antara badal dan mubdal minhu tidak terdapat
perantara. Maksud perantara di sini yaitu sesuatu yang menghubungkan antara
badal dan mubdal mihu, dimana hubungan keduanya tidak seperti yang terjadi pada
‘athaf nasaq yang diperantarai dengan huruf ‘athaf. Adapun apabila posisi
mubdal minhu berada pada tempat majrur dengan huruf jar, maka badal boleh
diperantarai dengan cara mengulangi huruf Jar tersebut, seperti
لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ
أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ
رَبَّنَا أَنْزِلْ عَلَيْنَا مَائِدَةً مِنَ
السَّمَاءِ تَكُونُ لَنَا عِيدًا لِأَوَّلِنَا وَآخِرِنَا
Dhamir لَكُمْ
dan عَلَيْنَا
pada kedua Ayat Al-Quran di atas berperan sebagai mubdal minhu yang berada di
posisi majrur dengan huruf jar. Lalu kedua lafadz لِمَنْ dan لِأَوَّلِنَا
berperan sebagai badal yang sama-sama didahului huruf Jar seperti mubdal
minhunya.
كَانَ رَئِيْسُ اِتِّحَادِ الطَّلَبَةِ خَالِدٌ
صَادِقًا وَ عَادِلاً
Ketua senat mahasiswa (kholid) dia jujur dan adil. Lafadz رَئِيْسُ
adalah mubdal minhu dan lafadz Kholid sebagai badal.
2. Macam-Macam Badal
قال ابن مالك
مُطَابِقَاً أَو بَعْضَاً أَو مَا يَشْتَمِل
عَلَيْهِ يُلفَى أَو كَمَعْطُوفٍ بِبَل
a). Badal Muthabiq (مُطَابِق)
وهو بَدَلُ الشيء مما هو مُطابقُ له
Badal Muthabiiq atau disebut juga Kul Min Kul ( كل مِنْ كل)
adalah badal yang memiliki tingkat kesamaan dan kesetaraan dengan mubdal minhu
Perhatikan contoh-contoh berikut:
الطَّبِيْبُ خَالدٌ يُعَامِلُ المَرضَى مُعَامَلَةً حَسَنَةً
Seorang dokter yaitu (Kholid) memperlakukan Fasien dengan
baik.
الطَّبِيْبُ : مبدل منه + مبتدأ مرفوع
خَالدٌ : بدل مطابق
مرفوع
b). Badal Ba’du Min Kul بعض من كل) )
وهو الذي يكون فيه البدل جزءاً حقيقياً من
المبدل منه وهو بدل الجزء من الشيء كله
Badal ba’du minkul adalah badal yang merupakan bagian pokok
dari stuktur yang dimiliki oleh mubdal minhu, baik hanya separuh kecil bagian,
besar atau bahkan sama rata.
Perhatikan contoh-contoh berikut:
تَصَدَّقْتُ المالَ نِصْفَهُ
Aku bersedekah harta 1/2 nya. Setengah adalah bagian dari
pada harta
المالَ : مبدل منه + مفعول به منصوب
نِصْفَ : بدل بعض من كل، منصوب + مضاف
الهاء : مضاف إليه
c). Badal Isytimal ( بدل الاشتمال )
وهو بدل الشيء مما يتضمنه ويشتمل عليه، شريطة ألا
يكون جزءاً حقيقيا من أجزاء المُبدل منه
Badal Isytimal adalah badal yang bukan merupakan bagian
pokok dari stuktur yang dimiliki mubdal minhu. (kebalikan dari badal ba’du min
kul)
Contoh: أَعْجَبَنِي
خَالِدٌ شَجَاعَتُهُ
Kholid membuatku kagum (keberanianya). / Keberanian Khalid
membuatku kagum.
0 Comments