Advertisement

Cara Mudah Memahami Nahwu Isim Yang Dirafakan (Marfuatul Asma) lengkap dengan contohnya

 Isim Yang Dirafakan (Marfuatul Asma)

Marfu’atul Asma’

I’rab rafa adalah i’rab yang ditandai dengan dhammah atau penggantinya yaitu wau, alif dan nun. Irab rafa’ merupakan irab dasar. Semua isim pada awalnya berirab rafa’ sehingga ada amil yang mengubah irabnya.  Rafa'

1.    Dhammah Dhammah menjadi tanda rafa’ pada kata yang berbentuk:

Ø  Isim mufrad يَرْجِعُ خَلِيْلٌ

Ø  Jama’ taksir جَاءَتِ الطَّالِبَاتُ

Ø  Jama’ muanats salim جَاءَ الطُّلَابُ

Ø  Fiil mudhari shahih يَرْجِعُ خَلِيْلٌ


2.    Wau Wau menjadi tanda i’rab rafa’ pada kata yang berupa: •

Ø  Jama’ mudzakar salim جَاءَ الطَّالِبُوْنَ

Ø  Isim lima جَاءَ أَخُوْكَ


3.    Alif Alif menjadi tanda ra’fa pada isim tatsniyah.

مَحْمُوْدٌ وَخَلِيْلٌ طَالِبَانِ


4.    Nun Yaitu pada fi’il mudhari yang ditambahkan dhamir alif tatsniyah, dhamir wau jama’ atau dhamir ya muanatsah mukhatabah atau disebut juga fi’il lima.

Contoh:

يَرْجِعَانِ – يَرْجِعُوْنَ – تَرْجِعَانِ – تَرْجِعُوْنَ - تَرْجِعِيْنَ

Adapun isim yang berirab rafa’ harus dalam kedudukan tertentu dalam kalimat. Sebuah kalimah isim ditandai dengan rofa’ apabila berkedudukan sebagai fa’il, naibul fa’il, mubtada’, khabar, isim kana, khabar inna, dan tabi’ lil marfu. Berikut penjelasannya:

1)    Fail

Fa’il adalah kata yang menunjukkan pelaku atau sebagai subjek. Dalam kaidah bahasa Arab, fa’il harus berada setelah fi’il.

Contoh:

يَرْجِعُ خَلِيْلٌ مِنَ الْمَدْرَسَةِ - جَاءَتِ الطَّالِبَاتُ

 

Fa’il adalah isim marfu’ yang terletak setelah fi’il ma’lum dan menunjukkan pihak yang melakukan fi’il atau menyandang sifat fi’il.

Fa’il bisa berupa:

a. Isim mu’rab, sebagaimana pada contoh-contoh yang telah lewat.

b. Isim mabni ( dhamir, bariz ataupun mustatir, isim isyarah, isim

maushul dan seterusnya).

Contoh: جلستُ (aku telah duduk) Ta’ adalah dhamir mabni pada posisi rafa’ fail

c. Mashdar muawwal yang tersusun dari أَنْ + fi’il atau أَنَّ + isimnya + khabarnya.

 

Tidak disyaratkan fa’il harus berada setelah fi’il secara langsung tetapi boleh dipisah oleh satu pemisah atau lebih.

 

2)    Naibul fail

Naibul fa’il adalah kata yang asalnya maf’ul kemudian berkedudukan sebagai pengganti fa’il karena fa’ilnya dibuang serta fi’ilnya harus berupa mabni majhul.

Contoh:

خُذِفَ الْقَلَمُ – كُتِبَ الصِّيَامُ

 

Naibul Fail adalah isim marfu’ yang terletak setelah fi’il majhul dan menempati posisi fa’il yang telah dihapus. Dihapusnya fa’il bisa karena fa’il sudah maklum diketahui atau karena belum diketahui atau karena takut kepada fa’il atau karena mengkhawatirkan fa’il.

 

Contoh:

هُزِمَ الْعَدُوُّ (musuh itu telah dikalahkan) lafad الْعَدُوّ menjadi naib fail marfu’ dengan dhomah

Asal mula kalimatnya adalah:

هَزَمَ جَيْشُنَا العَدُوَّ (pasukan kami telah mengalahkan musuh itu).

Pasukan kami telah mengalahkan musuh itu.

Ketika fa’ilnya dihapus karena sudah diketahui maka fi’il dibuat menjadi majhul dan maf’ul bih menempati posisi fa’il dan dinamakan naibulfa’il.

 

3)    Mubtada’

Mubtada’ adalah kata yang menunjukkan pokok kalimat atau subjek dalam kalimat nomina. Contoh:

مَحْمُوْدٌ مُدَرِّسٌ - اَلْمُسْلِمُوْنَ إِخْوَةٌ

 

Pembagian Mubtada’

Ø  Mubtada’ Zhahir atau jelas

Mubtada zhahir ialah mubtada yang isim atau kata bendanya sudah jelas diketahui.

 

Mubtada zhahir ada 2 macam ,yaitu :

a)    Mubtada’ yang mempunyai khabar.

Contoh : اَللَّةُ رَبَنَا (Allahu Robbanaa) = Allah adalah Rabb kami.

b)    Mubtada’ yang tidak mempunyai khabar, hanya mempunyai isim yang dirafakan yang menduduki tempat khabar. Contoh : آقَا ئِمّ زَيْدّ  (Aaqa imun zaidun) = Apakah kedua Zaid itu berdiri?

 

Ø  Mubtada’ Mudhmar (dhamir)

Mubtada mudhmar ialah mubtada’nya terdiri dari kata ganti seperti ana atauانا  dan saudara-saudaranya, contoh : (anta mujtahidun) اَنْتَ مُجْتَهِدّ  (engkau rajin).

Dhamir/kata ganti ada 12 (dua belas), yaitu :

1)    Saya = اَنَا

2)    Kami atau kita = نَحْنُ

3)    Kamu laki-laki = اَنْتَ

4)    Kamu perempuan = اَنْتِ

5)    Kamu berdua laki-laki/perempuan = اَنْتُمَا

6)    Kalian laki-laki = اَنْتُمْ

7)    Kalian perempuan = اَنْتُنَّ

8)    Dia laki-laki = هُو

9)    Dia perempuan = هِيَ

10) Mereka berdua laki-laki/perempuan = هُمَا

11) Mereka semua laki-laki = هُمْ

12) Mereka semua perempuan = هُنَّ 

 

4)    Khabar

Khabar adalah kata yang menjelaskan pokok kalimat atau sebagai predikat dalam kalimat nomina.

Contoh:

هَذَا كِتَابٌ - مَحْمُوْدٌ وَخَلِيْلٌ طَالِبَانِ

Pembagian Khabar

1.    Khabar Mufrad

Khabar mufrad adalah khabar yang bukan kalimat jumlah dan bukan pula serupa dengan jumlah. Kalimat jumlah terdiri atas mubtada’ dan khabar, atau terdiri atas fi’il dan fa’il. serupa dengan jumlah, yaitu zharaf atau jarr dan majrur.

 

Contoh :

 زَيْدٌ قَا ئِمٌ  (Zaidun qaimun) = Zaid berdiri.

 زَيْدٌ أَخُوْكَ  (Zaidun akhuka) = Zaid saudara laki – lakimu.

 اَلْمُسْلِمُوْنَ  قَا ئِمُوْنَ  (Zaiduuna qaaimuunaa) = Orang-orang muslim itu semuanya berdiri.

 

2.    Khabar Ghair Mufrad

Khabar ghair mufrad adalah khabar yang terdiri atas jumlah mubtada dan khabar atau terdiri atas fi’il dan fa’il.

Khabar ghair mufrad berbentuk jumlah ismiyyah.

Contoh :

زَئْدٌ جَا زِئَتَهُ ذَاهِبَةٌ (Zaidun jaariibatuhu dzaahibatuu) = Zaid hamba perempuannya pergi.

Keterangan :

Lafazh زَئْدٌ berkedudukan sebagai mubtada’ pertama,dan lafazh جَازِئَتَهُ berkedudukan sebagai mubtada’ kedua,sedangkan lafazh  ذَاهِبَة merupakan khabar.

 

3.    Khabar Syibhul Jumlah

Khabar syibhul jumlah (serupa dengan jumlah) adalah memakai zharaf atau jarr – majrur.

a.    Khabar syibhul jumlah yang memakai zharaf

Contoh زَئْدٌ عِنْدَ كَ (Zaidun ngindakaa) = Zaid berada di sisimu.

Keterangan :

Lafazh  زَئْدٌ berkedudukan sebagai mubtada’,sedangkan lafazh عِنْدَ كَ merupakan zharaf makan yang berkedudukan menjadi khabar dari mubtada’.

Contoh dari firman Allah SWT :

وَا لرَّكْبُ اَسْفَلَ مِنْكُمْ

(Warrakbu asbalaminkum) = “Kafilah itu berada di bawah kalian ”. (Al – Anfal : 42)

Keterangan :

Lafazh الرَّكْبُ  berkedudukan sebagai mubtada’,sedangkan lafazh اَسْفَلَmerupakan zharaf makan yang menjadi khabar dari mubtada’.

b.    Khabar syibhul jumlah yang memakai jarr – majrur.

Contoh :

زَئْدٌ فِى ا لدّ ارِ

(Zaidun fiddarii) = Zaid berada di dalam rumah.

Keterangan :

Lafazh زَئْدٌ  berkedudukan sebagai mubtada’,sedangkan lafazh الدّ ارِ merupakan jar-majrur yang menjadi khabarnya.

5)    Isim kana

Isim kana adalah mubtada’ yang diawali kana dan teman-temannya.

Contoh:

كَانَ أَخُوْكَ مُدَرِّسًا - كَانَ الكِتَابُ جَدِيْدًا

6)    Khabar inna

Khabar inna adalah khabar yang diawali oleh “inna” dan teman-temannya:

contoh:

إِنَّ مَحْمُوْدًا مُدَرِّسٌ – إِنَّ الْمُسْلِمِيْنَ إِخْوَةٌ

 

7)    Tawabi’

 

 في الكلام على مرفوعات الأسماء ومنصوباتها ومجروراتها، أن الاسم يرفع إن كان تابعا لمرفوع، وينصب إن كان تابعا لمنصوب، ويجرّ إن كان تابعا لمجرور.

والتوابع هي الكلمات التى لا يمسّها الإعراب إلا على سبيل التّبع لغيرها. بمعنى أنها تعرب إعراب ما قبلها. وهي خمسة أنواع: النعت والتوكيد والبدل والعطف.

 

Tawabi’ merupakan jama’  dari isim fail taba’a-yatbi’u-taabi’un yang berarti lafadz yang manut (mengikuti). Tawabi’ meliputi 4 macm yakni naat, athaf, taukid dan badal. Dan uniknya lagi tawabi’ ini termasuk pada 3 kondisi I’rab baik itu marfuatil asma, mansubatil asma, dan makhfudhotil asma.

 

A.   NA’AT

 

1.    Definisi Na’at (تعريف النعت)

 التَّابِعُ الدَالُ عَلى صِفَةٍ مِنْ صِفَاتِ مَتْبُوْعِهِ أَوْ مِنْ صِفَاتٍ مُتَعَلِّقٍ مَنْعُوْتُهُ

Na’at adalah tabi’ (pengikut) yang menunjukan kepada suatu sifat dari pada sifat-sifat man’utnya atau yang masih berkaitan dengan man’utnya.

Contoh:

 اِسْتَيْقَظَ خَالِدٌ المُجْتَهِدُ مِنْ نَوْمِهِ في السَّاعةِ الرّابعةِ صَبَاحًا ثمَّ قَامَ بِاالصَّلاةِ

Kholid (yang rajin) bangun tidur pukul 4 pagi lalu mendirikan sholat.

Lafadz خَالِدٌ berperan sebagai man’ut (yang disifati) dan lafadz المُجْتَهِدُ berperan sebagai na’at (sifat).

 

2.    Macam-Macam Na’at (أنواع النعت)

Dari definisi di atas, terdapat dua kaidah penting terkait hubungan antara na’at dan man’ut. Dari sini, Para Ulama membaginya menjadi dua kelompok yaitu Na’at Haqiqi dan Na’at Sababi.

قال ابن مالك فَالنَّعْتُ تَابعٌ مُتِمٌّ مَا سَبَقْ  # بِوَسْمِهِ أوْ وَسْمِ مَا بِهِ اعْتَلَقْ

Ibnu Malik berkata: “Na’at adalah tabi’ (pengikut) yang menyempurnakan isim (man’ut) yang berada sebelumnya dengan cara mensifatinya yang disebut dengan na’at haqiqi. Dan atau mensifati Isim yang masih berkaitan dengan man’ut yang disebut dengan (na’at sababi).

a.    Na’at Haqiqi (النعت الخقيقي)

اِسْمٌ يَتَّبِعُ الاِسْمَ الَّذِي قَبْلَهَ (مَنْعُوت) أَو هُوَ الَّذِي يأتي وَصْفًا وَبَيَانًا لِلمَنْعُوْتِ نَفْسِهِ وَيَتَّبِعُهُ فِي جَمِيْعِ أَحْوَالِ إِعْرَابِهِ فِيِ التَّعْرِيْفِ وَالتَنْكِيْرِ، وَ التَّأْنِيْثِ وَالتَّذْكِيْرِ وَ الإِفْرَادِ وَالتَثْنِيَةِ وَالجَمْعِ وَالرَفْعِ وَالنَصْبَ وَالجَر

 

Na’at haqiqi adalah Isim yang menjadi sifat atau penjelas bagi man’ut.

Kaidah i’rab na’at haqiqi:

Keadaan i’rab na’at haqiqi selalu mengikuti i’rab man’utnya dari segi mufrad (satuan), mudzakkar, muannats, tastniyah/mutsanna, jamak, nakirah, makrifat, rafa, nashab dan khafad.

Berikut adalah contoh perubahan ‘Irabnya.

-      Contoh na’at haqiqi dalam bentuk mufrad mudzakar dan makrifat dalam keadaan marfu’, manshub dan majrur

جَاءَ الطَّالِبُ المُجْتَهِدُ

رَأَيْتُ الطَّالِبَ المُجْتَهِدَ

مَرَرْتُ بالطَّالِبِ المُجْتَهِدِ

 

-      Contoh na’at haqiqi dalam bentuk mufradah muannatsah dan makrifat dalam keadaan marfu’, manshub dan majrur

جَائَتْ الطَّالِبَةُ المُجْتَهِدَةُ

رَأَيْتُ الطَّالِبَةَ المُجْتَهِدَةَ

مَرَرْتُ بِالطَّالِبَةِ المُجْتَهِدَةِ

 

-      Contoh na’at haqiqi dalam bentuk mutsanna mudzakar dan makrifat dalam keadaan marfu’, manshub dan majrur

جَاءَ الطَّالِبَانِ المُجْتَهِدَان

رَأَيْتُ الطَّالِبَيْنِ المُجْتَهِدَيْنِ

مَرَرْتُ بالطَّالِبَيْنِ المُجْتَهِدَيْنِ

 

-      Contoh na’at haqiqi dalam bentuk mutsana muannats dan makrifat dalam keadaan marfu’, manshub dan majrur

جَائَتْ الطَّالِبَتَانِ المُجْتَهِدَتان

رَأَيْتُ الطَّالِبَتَيْنِ المُجْتَهِدَتَيْنِ

مَرَرْتُ بالطَّالِبَتَيْنِ المُجْتَهِدَتَيْنِ

 

-      Contoh na’at haqiqi dalam bentuk Jamak Mudzakkar Salim makrifat dalam keadaan marfu’, manshub dan majrur

جَاءَ الطَّالِبُوْنَ المُجْتَهِدُوْنَ

رَأَيْتُ الطَّالِبِيْنِ المُجْتَهِدِيْنَ

مَرَرْتُ بالطَّالِبِيْنَ المُجْتَهِدِيْنَ

 

-      Contoh na’at haqiqi dalam bentuk jamak muannats salim makrifat dalam keadaan marfu’, manshub dan majrur

جَاءَتْ الطَّالِبَاتُ المُجْتَهِدَاتُ

رَأَيْتُ الطَّالِبَاتِ المُجْتَهِدَاتِ

مَرَرْتُ بالطَّالِبَاتِ المُجْتَهِدَاتِ

 

-      Untuk contoh na’at nakirah, cukup dengan membuang alif lam dari na’at dan man’utnya, seperti:

جَاءَ طَالِبٌ مُجْتَهِدٌ

طَالِبٌ : مَنْعُوت   مُجْتَهِدٌ : نَعَت

 

b.    Na’at Sababi (النعت السَبَبِي)

هُوَ الَّذِي يأتي وَصْفًا وَبَيَانًا لاِسْمٍ لَهُ مُتَعَلِقٌ بِالمَنْعُوْتِ ، وَيَتَّبِعُهُ فِيِ التَّعْرِيْفِ وَالتَنْكِيْرِ وَ وَالرَفْعِ وَالنَصْبَ وَالجَر, وَيَتَّبِعُ الاسم بعده في التَّأْنِيْثِ وَالتَّذْكِيْرِ

Na’at sababi adalah isim yang menjadi sifat atau penjelas bagi isim yang masih berhubungan dengan man’ut. Isim yang menjadi penghubung yaitu isim dhamir yang posisinya berada setelah na’at.

Contoh:جَاءَ الطَّالِبُ الكَرِيْمَةُ أُمُهُ

Dhamir الهاء pada أُمُهُ berfungsi mengikat الطَّالِبُ dan أم sehingga keduanya dianggap berhubungan yang dampaknya merubah ‘irab na’at lafadz الكَرِيْمَةُ

 

Kaidah ‘Irab Na’at sababi:

Keadaan i’rab na’at sababi hanya mengikuti i’rab man’utnya dari segi makrifat, nakirah, rafa, nashab dan khafad. Sedangkan untuk bentuk mudzakkar dan muannatsnya, ia mengikuti i’rab isim setelahnya.

contoh:

جَاءَ الطَّالِبُ الكَرِيْمَةُ أُمُهُ

رَأيْتُ الطَّالِبِيْنَ المُجْتَهِدَ أُسْتَاذُهُمْ

مررتُ بِالطَّالِبَةِ النَّاجِحِ أَخُوْهَا

هٰذَا البَيْتُ الصَغِيْرَةٌ غُرَفُهُ

هٰذِهِ الحَدِيْقَةُ الجَمِيْلُ مَنْظَرُهَا

 

Lafadz الكَرِيْمَةُ / المُجْتَهِدَ / النَّاجِحِ / الصَغِيْرَةٌ / الجَمِيْلُ semuanya adalah na’at untuk isim yang terletak setelahnya. Perhatikan lafadz الكَرِيْمَةُ dia bentuknya dari isim makrifat dengan alif lam ta’rif, dimana sama-sama makrifat seperti lafadz الطَّالِبُ yang berperan sebagai man’ut + fa’il. Kemudian lafadz الكَرِيْمَةُ juga bentuknya muannats karena menyesuaikan diri dengan isim setelahnya yaitu (أم) yang berperan sebagai fa’il.

 

3.    Hukum kesesuaian antara na’at dan man’ut

-      Pada Na’at Haqiqi, antara na’at dan man’utnya wajib sesuai dalam semua keadaan, seperti pada definisi di atas. Sedangkan pada na’at sababi, antara na’at dan man’ut hanya sesuai berdasarkan makrifat dan nakirah, rafa, nashab dan Jar. Adapun untuk bentuk mudzakar dan muannatsnya, na’at disesuaikan dengan isim setelahnya.

-      Pada Na’at Haqiqi terdapat bentuk tsatniyah dan jamak untuk menyesuaikan dengan man’utnya. Sedangkan pada na’at Sababi bentuk na’atnya tetap dalam keadaan mufrad.

هٰذِهِ سَيَّارَةٌ جَمِيْلَةٌ -» حقيقي

هذا الرَجُلُ الكَرِيْمُ صَدِيْقُهُ -» سببي

 

B.   ATHAF

1.    Definisi ‘Athaf Nasaq (تعريف عطف النسق)

 هُوَ تَابِعٌ يَتَوَسَّطُ بَيْنَهُ وَبَيْنَ مَتْبُوْعِهِ حَرْفٌ مِنْ حُرُوْفِ العَطفِ

‘Athaf nasaq adalah ta’bi yang mengikuti matbu’ yang dihubungkan dengan huruf ‘athaf” Dalam stuktur kalimat ‘athaf nasaq terdapat tiga istilah pokok yang disebut dengan huruf ‘athaf, ma’tuf ‘alaih dan ma’tuf. Ma’tuf ‘Alaih yaitu lafadz yang diikuti, ma’tuf yaitu lafad yang mengikuti dan huruf ‘athaf yaitu penghubung antara ma’tuf ‘alaih dan ma’tuf

Contoh: ذَهَبَ خَالدٌ وَ زَيْدٌ إِلَى المَدْرَسَةِ

Kholid dan Zaid pergi ke Sekolah

 خَالدٌ : فاعل + معطوف عليه

وَ : حرف عطف

“زَيْدٌ : معطوف على “خَالد

قال ابن مالك:

تَالٍ بحَرْفٍ مُتْبعٍ عَطْفُ النَّسَقْ # كَاخصُصْ بوُدٍّ وَثَنَاءٍ مَنْ صَدَقْ

 

Isim tabi’ (yg mengikuti) dengan perantara huruf ‘athaf (antara tabi’ dan matbu’nya), seperti contoh “اُخصُصْ بوُدٍّ وَثَنَاءٍ مَنْ صَدَقْ

“Istimewakan dengan kasih sayang dan pujian terhadap orang-orang yg jujur”

Ma’tuf ‘alaih dan ma’tuf yang dihubungkan dengan huruf ‘athaf tidak hanya berlaku untuk kata mufrad (satuan) seperti contoh di atas. Namun, terjadi juga untuk bentuk jumlah (kalimat). Akan diperluas pada masing-masing fungsi huruf ‘athaf berikut.

 

2.    Jumlah Huruf ‘Athaf (عدد حروف العطف)

Huruf yang digunakan sebagai penghubung antara ma’tuf ‘alaih dan ma’tuf, semuanya berjumlah 10 huruf dan masing-masing memiliki spesifikasi khusus sebagai berikut: الوَاو / الفَاء / ثُمَّ / أَوْ / أَمْ / إمَّا / لَكِنْ / لاَ / بَلْ / حَتَّى

 

3.    Definisi Athaf Bayan (تعريف عطف البيان)

Dari banyaknya definisi ‘Athaf Bayan, kita ambil tiga definisi yang lebih mudah difahami.

اِسْمٌ غَير صفة يكشف عن المراد كشفها أتى به لبيان الأول

·         Athaf Bayan adalah Isim (bukan sifat) untuk menjelaskan maksud Isim pertama

فَذُو الْبَيَانِ تَابعٌ شِبْهُ الصِّفَهْ # حَقِيقَةُ الْقَصْدِ بِهِ مُنْكَشِفَهْ

·         Athaf Bayan adalah Tabi’ yang menyerupai sifat berfungsi untuk menjelaskan hakekat yang dimaksud agar terungkap

هو التَّابِع الَّذي يَأتي لتوضيْحِ أَوْ لِتَخِصِيْصِ وَيَخْتَلِفُ عَنِ الصفة تكون مشتقة أو مؤولة بمشتق، أمّا عطف البيان فلا يكون إلا جامدًا

·         Athaf Bayan adalah Tabi’ yang berfungsi untuk penjelas atau pengkhususan, jika bentuk sifat adalah Musytaq atau Muawwal Bil Musytaq, maka untuk ‘Athaf Bayan adalah Jamid.

Contoh:

 جَاءَ خَالدٌ أَخُوْكَ

kholid (saudaramu) telah datang

 جَاءَ : فعل

خَالدٌ : فاعل + متبوع / معطوف عليه

أَخُوْكَ : عطف البيان / معطوف

Lafadz أَخُوْكَ berperan sebagai ‘athaf bayan yang berfungsi menjelaskan bahwa yang datang adalah Kholid saudaramu; bukan kholid yang lain.

 

C.   TAUKID

1.    Definisi Taukid (تعريف التوكيد)

لَفْظٌ مُؤكّد يَتَّبِعُ المُؤَكَّدَ فِي إِعْرَابِهِ لِرَفْعِ التَوَهُّمِ أَوْ الشكِّ وتَقْوِيَتِهِ سَواء بإعادة اللفظ نفسه أم استعمال كلمات خاصة

Taukid adalah lafadz penguat yang keadaan i’abnya mengikuti muakkad (yang diperkuat) untuk tujuan menghilangkan keraguan dan memperkokohnya, baik dengan mengulangi lafadz muakkad maupun dengan menggunakan kata-kata khusus.

Contoh: قَرَأتُ الكِتَابَ

Aku telah membaca buku

Bagi orang yang mendengar “Aku telah membaca buku” mungkin dia masih ragu dengan apa yang didengarnya. Apakah aku membaca satu halaman, setengah atau seluruhnya dan apakah benar aku sudah membacanya ?. Dengan demikian, diletakanlah lafadz taukid yang akan membantu menghilangkan keraguan dan timbulnya pertanyaan-pertanyaan tersebut.

 قَرَأتُ الكِتَابَ كُلَّهُ

قَرَأتُ الكِتَابَ الكِتَابَ

قَرَأتُ قَرَأتُ الكِتَابَ

Lafadz كُلَّهُ taukid untuk الكِتَابَ, lafadz الكِتَابَ taukid untuk الكِتَابَ dan lafadz قَرَأتُ taukid untuk قَرَأتُ 2.

 

2.    Macam-Macam Taukid (أنواع التوكيد)

a). Taukid Lafdzi  توكيد لفظي ))

إِزَالةُ التَوَهُّمِ بإِعَادَةِ اللَفْظِ السابِقِ اسمًا، حرفا، ضميرا، فعلا، جملة

Taukid Lafdzi adalah taukid yang berfungsi menghilangkan keraguan dengan cara mengulangi lafadz mu’akkadnya (lafadz yang ingin diperkut), baik berupa isim, fi’il, huruf, dhamir ataupun kalimat.

 

-      Contoh taukid dengan cara pengulangan isim:

 قَرَأتُ الكِتَابَ الكِتَابَ

الكِتَابَ : مُؤَكَّد

الكِتَابَ : تَوْكِيْد

-      Contoh taukid dengan pengulangan huruf

فِي فِي المدرسةِ طُلاَّبٌ

فِي : مُؤَكَّد

فِي : تَوْكِيْد

-      Contoh taukid dengan pengulangan dhamir

 أَنْتَ أَنْتَ مُجْتَهِدٌ

أَنْتَ : مُؤَكَّد

أَنْتَ : تَوْكِيْد

-      Contoh taukid dengan pengulangan kalimat

قَامَ خَالدٌ قَامَ خَالدٌ

خَالدٌ مُجْتَهِدٌ خَالدٌ مُجْتَهِدٌ

Contoh-contoh diatas semuanya disebut dengan taukid lafdzi.

b). Taukid Ma’nawi 
توكيد معنوي ) )

 إِزَالةُ التَوَهُّمِ بأَنْ يُذْكَرَ المُؤَكِّدُ مِنْ إِحْدَى هٰذِهِ الأَلْفَاظِ ( نَفْسٌ / عَيْنٌ / كُلٌّ / جَمِيْعٌ / عَامَةٌ / كَلاَ / كِلْتَا / أَجْمَع ) بعد الاسم السابق

Taukid maknawi adalah taukid yang berfungsi menghilangkan keraguan dengan cara meletakan lafadz-lafadz khusus berikut ini نَفْسٌ / عَيْنٌ / كُلٌّ / جَمِيْعٌ / عَامَةٌ / كَلاَ / كِلْتَا / أَجْمَع

 

D.   BADAL

هو اللفظ التابع المقصود وحده بالحكم نسب إلى تابعه من غير أن تتوسط بينهما في الأغلب واسطة لفظية

قال ابن مالك

التَّابعُ المَقْصُودُ بالْحُكْمِ بلا # وَاسِطَةٍ هُوَ المُسَمَّى بَدَلا

1.    Definisi Badal

Badal adalah lafadz yang mengikuti lafadz mubdal minhu yang berperan sebagai objek atau target yang dimaksud dari mubdal mihu.

Pada umumnya antara badal dan mubdal minhu tidak terdapat perantara. Maksud perantara di sini yaitu sesuatu yang menghubungkan antara badal dan mubdal mihu, dimana hubungan keduanya tidak seperti yang terjadi pada ‘athaf nasaq yang diperantarai dengan huruf ‘athaf. Adapun apabila posisi mubdal minhu berada pada tempat majrur dengan huruf jar, maka badal boleh diperantarai dengan cara mengulangi huruf Jar tersebut, seperti

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ

رَبَّنَا أَنْزِلْ عَلَيْنَا مَائِدَةً مِنَ السَّمَاءِ تَكُونُ لَنَا عِيدًا لِأَوَّلِنَا وَآخِرِنَا

Dhamir لَكُمْ dan عَلَيْنَا pada kedua Ayat Al-Quran di atas berperan sebagai mubdal minhu yang berada di posisi majrur dengan huruf jar. Lalu kedua lafadz لِمَنْ dan لِأَوَّلِنَا berperan sebagai badal yang sama-sama didahului huruf Jar seperti mubdal minhunya.

كَانَ رَئِيْسُ اِتِّحَادِ الطَّلَبَةِ خَالِدٌ صَادِقًا وَ عَادِلاً

Ketua senat mahasiswa (kholid) dia jujur dan adil. Lafadz رَئِيْسُ adalah mubdal minhu dan lafadz Kholid sebagai badal.

 

2.    Macam-Macam Badal

قال ابن مالك

مُطَابِقَاً أَو بَعْضَاً أَو مَا يَشْتَمِل عَلَيْهِ يُلفَى أَو كَمَعْطُوفٍ بِبَل

a). Badal Muthabiq (مُطَابِق)

وهو بَدَلُ الشيء مما هو مُطابقُ له

Badal Muthabiiq atau disebut juga Kul Min Kul ( كل مِنْ كل) adalah badal yang memiliki tingkat kesamaan dan kesetaraan dengan mubdal minhu Perhatikan contoh-contoh berikut:

 الطَّبِيْبُ خَالدٌ يُعَامِلُ المَرضَى مُعَامَلَةً حَسَنَةً

Seorang dokter yaitu (Kholid) memperlakukan Fasien dengan baik.

 الطَّبِيْبُ : مبدل منه + مبتدأ مرفوع

 خَالدٌ : بدل مطابق مرفوع



b). Badal Ba’du Min Kul
بعض من كل) )

 وهو الذي يكون فيه البدل جزءاً حقيقياً من المبدل منه وهو بدل الجزء من الشيء كله

Badal ba’du minkul adalah badal yang merupakan bagian pokok dari stuktur yang dimiliki oleh mubdal minhu, baik hanya separuh kecil bagian, besar atau bahkan sama rata.

Perhatikan contoh-contoh berikut:

تَصَدَّقْتُ المالَ نِصْفَهُ

Aku bersedekah harta 1/2 nya. Setengah adalah bagian dari pada harta

 المالَ : مبدل منه + مفعول به منصوب

نِصْفَ : بدل بعض من كل، منصوب + مضاف

الهاء : مضاف إليه

 

c). Badal Isytimal ( بدل الاشتمال )

وهو بدل الشيء مما يتضمنه ويشتمل عليه، شريطة ألا يكون جزءاً حقيقيا من أجزاء المُبدل منه

Badal Isytimal adalah badal yang bukan merupakan bagian pokok dari stuktur yang dimiliki mubdal minhu. (kebalikan dari badal ba’du min kul)

Contoh: أَعْجَبَنِي خَالِدٌ شَجَاعَتُهُ

Kholid membuatku kagum (keberanianya). / Keberanian Khalid membuatku kagum.

Post a Comment

0 Comments